7 Fakta Menarik Usai City Permak Tottenham

    Patrick Pinaria - 14 Februari 2021 14:21 WIB
    7 Fakta Menarik Usai City Permak Tottenham
    Gelandang Manchester City Ilkay Guendogan (kiri) berselebrasi usai membobol gawang Tottenham Hotspur (Foto: AFP/Rui Vieira)



    Manchester: Manchester City sukses membuat Tottenham Hotspur tak berdaya di Stadion Etihad pada matchday ke-24 Liga Primer Inggris 2020--2021, Minggu 14 Februari dini hari WIB. Tak tanggung-tanggung, The Citizens menghantam The Lilywhites dengan tiga gol tanpa balas alias 3-0.

    City pantas menang lantaran mampu mendominasi pertandingan. Menurut catatan statistik Whoscored, tim besutan Josep "Pep" Guardiola tersebut sukses bermain dengan penguasaan bola sebanyak 60,4 persen berbanding 39,6 persen dari milik Tottenham.




    Ketajaman di depan gawang juga ditunjukkan City pada laga tersebut. Buktinya, Gabriel Jesus dkk sukses melepaskan enam tembakan mengarah ke gawang dari 15 peluang. Sementara itu, Tottenham hanya mampu menciptakan tiga tembakan mengarah ke gawang dari tujuh peluang.

    Ilkay Guendogan menjadi aktor kemenangan buat City. Sebab, dua dari tiga gol Sky Blue tercipta lewat gelandang asal Jerman tersebut. Kedua gol itu diciptakan pada menit ke-50 dan menit ke-60. Sedangkan satu gol City sisanya dicetak Rodri pada menit ke-23.

    Kemenangan atas Tottenham membuat City semakin kukuh di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 53 poin. Mereka unggul tujuh poin dari Leicester City yang berada di posisi kedua.

    Selain itu, hasil pada laga ini juga membuat City mengakhiri rekor buruk pertemuan mereka dengan Tottenham. Sebelumnya, City belum pernah meraih kemenangan dari Spurs dalam tiga pertandingan terakhir di Liga Inggris.

    Sementara itu, Tottenham harus turun ke posisi kesembilan klasemen sementara dengan mengoleksi 36 poin usai menelan kekalahan tersebut. Kini, mereka terpaut empat poin dari Liverpool yang berada di posisi keempat.

    Selain fakta di atas, masih ada catatan menarik lainnya di balik kemenangan City atas Tottenham. Berikut di antaranya yang sudah dirangkum medcom.id:

    1. Tottenham menjadi tim paling sering kebobolan lewat titik putih penalti di Liga Primer Inggris pada musim ini. Sejauh ini, mereka sudah kebobolan enam kali lewat eksekusi penalti.

    2. City menjadi tim kedua yang paling sering mendapat kesempatan eksekusi penalti di Liga Inggris musim ini. Total, ada tujuh kesempatan penalti didapat The Citizens pada musim ini. Sejauh ini, rekor penalti terbanyak masih dipegang Leicester City, yakni 10 kali.

    3. Guendogan sudah mengoleksi 10 gol dari 12 penampilan terakhir di Liga Primer Inggris.

    4. Guendogan sukses menjadi pemain Jerman terbanyak yang mencetak gol di Liga Inggris pada musim ini. Total, ia sudah mengoleksi 11 gol. Namun, rekor golnya masih kalah dari legenda Jerman Juergen Klinsmann yang sukses mencetak 20 gol dalam semusim. Rekor gol itu dicetaknya pada musim 1994--1995.

    5. City tidak pernah tertinggal dalam 15 pertandingan terakhir di Liga Primer Inggris. Namun, catatan The CItizens masih kalah dari Arsenal yang tidak pernah ketinggalan terlebih dulu dalam 19 pertandingan secara beruntun di Liga Inggris. Catatan itu diraih Arsenal pada Desember 1998 hingga Mei 1999.

    6. Phil Foden sukses meraih kemenangan ke-50 bersama City di Liga Inggris. Hebatnya, kemenangan ke-50 ini cukup dicapai Foden dalam 59 penampilan.

    7. Tottenham sudah kebobolan delapan gol dalam dua pertandingan terakhir di semua kompetisi. Ini menjadi kebobolan terbanyak yang dicatat Jose Mourinho di sepanjang kariernya sebagai pelatih.

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id