Manchester United vs Chelsea

    Ditahan Imbang MU, Lampard Frustrasi dengan VAR dan Wasit

    Kautsar Halim - 25 Oktober 2020 15:15 WIB
    Ditahan Imbang MU, Lampard Frustrasi dengan VAR dan Wasit
    Frank Lampard. (PHIL NOBLE / POOL / AFP)
    Manchester: Manajer Chelsea Frank Lampard kesal saat timnya tidak mendapat hadiah tendangan penalti ketika melawan Manchester United pada lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu 25 Oktober dini hari WIB. Menurutnya, wasit dan VAR tidak berkoordinasi dengan baik.

    Kekesalan Lampard merujuk pada insiden ketika timnya memperoleh situasi tendangan bebas dan kapten MU Harry Maguire menggunakan kedua tangannya untuk mencegah kapten Chelsea Cesar Azpilicueta melompat di dalam kotak penalti guna memperebutkan bola udara.

    "Saya pikir itu jelas seharusnya penalti," kata Lampard dalam komentar pascalaga seperti dilansir laman resmi Chelsea.

    "Saya tidak bisa melihatnya secara langsung dari tempat saya berada dan saya pikir itu tergolong keputusan sulit jika mengandalkan wasit saja. Oleh karenanya VAR dihadirkan, tetapi VAR juga malah mengabaikan insiden itu," tambahnya.

    Menurut Lampard, seharusnya baik wasit Martin Atkinson maupun petugas VAR tidak terburu-buru mengambil keputusan. Setidaknya VAR bisa menyarankan Atkinson untuk meninjau langsung tayangan ulang di monitor yang tersedia di tepi lapangan.

    "Jika ia melihatnya, sudah pasti wasit akan memberi penalti, sehingga keputusan tadi sungguh membingungkan bagi saya," tegas Lampard.

    "Ini cukup membuat frustrasi karena aturan yang berlaku sudah ke arah yang lebih baik. Wasit lebih banyak menyimak layar VAR langsung di awal musim ini, sebab yang bertugas di lapangan sudah sepantasnya memiliki tanggung jawab terbesar, itulah mengapa ada monitor," tambahnya.

    Insiden itu boleh dibilang satu-satunya kesempatan Chelsea sepanjang laga. Sebab mereka lebih banyak gagal menembus lini pertahanan MU yang tampil sangat solid di laga itu. 

    Bahkan, Chelsea harus beberapa kali bergantung pada penyelamatan kiper Edouard Mendy yang menggagalkan setidaknya tiga peluang bagus dari tuan rumah.

    "Saya sangat puas dengan penampilan Mendy. Sangat bagus. Anda bergantung kepada kiper dalam situasi semacam itu. Ini laga ketat yang tak banyak diwarnai peluang. Jadi Mendy memperlihatkan peran yang memang dibutuhkan," pungkas Lampard.

    Hasil laga ini membuat Chelsea naik ke urutan enam klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan koleksi 9 poin. Selanjutnya, The Blues akan bertandang ke Rusia untuk menghadapi Krasnodar pada lanjutan Liga Champions, Kamis 29 Oktober dini hari WIB. (ANT)

     

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id