Saran Wenger Agar Mesut Oezil Kembali Efektif untuk Arsenal

    Kautsar Halim - 10 Oktober 2020 20:17 WIB
    Saran Wenger Agar Mesut Oezil Kembali Efektif untuk Arsenal
    Kebersama Arsene Wenger dengan Mesut Oezil. (Adrian DENNIS / AFP)
    Jakarta: Mesut Oezil tidak masuk dalam daftar pemain Arsenal untuk mengarungi Liga Europa 2020--2021. Mantan gelandang timnas Jerman itu tampak makin kesulitan mendapat jam terbang setelah kedatangan pelatih Mikel Arteta pada pertengahan musim lalu.

    Meski begitu, mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger meyakini bahwa Oezil masih bisa efektif untuk The Gunners apabila dimainkan sebagai gelandang bertahan. Itu dikatakan Wenger yang membawa Oezil ke Stadion Emirates pada 2013 silam.

    "Dia bukan pemain yang memiliki disiplin terbaik di lapangan dan bermain tanpa bola bukanlah keahliannya," ujar Wenger kepada media Jerman Der Spiegel seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (10/10/2020).

    "Tapi, Anda bisa mengatasi kekurangan itu dengan menempatkannya agak ke belakang atau sedikit bertahan. Tujuan utamanya adalah demi menjaga keseimbangan dalam menyerang maupun bertahan," tambahnya.

    Wenger yang kini bertugas sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA juga menyadari bahwa performa Oezil saat ini tidak akan disukai timnas Jerman. Namun, katanya, penurunan performa itu wajar terjadi pada tiap pemain.

    "Para pemain biasanya mulai kehilangan teknik mereka setelah 10 tahun bertanding. Tapi, kebugaran bisa dibilang lebih penting ketimbang teknik bermain dan pengambilan keputusan," terang Wenger.

    "Ini lebih tentang karakter fisik, intensitas dan gerakan eksplosif. Dan ini juga tentang bagaimana seorang pemain jadi sorotan," tambahnya.

    Oezil yang digaji Arsenal 350 ribu poundsterling (sekitar Rp6,7 miliar) per pekan sempat mencetak rekor Liga Primer Inggris dengan melakukan assist sebanyak 19 kali pada musim 2015--2016. Dia hanya kalah dari Thierry Henry dan Kevin De Bruyne yang pernah membukukan 20 assist dalam semusim.




    (KAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id