5 Pencetak Hattrick MU Dua Dekade Terakhir: Dari Cristiano Ronaldo hingga Van Persie

    Patrick Pinaria - 25 Juni 2020 17:31 WIB
    5 Pencetak Hattrick MU Dua Dekade Terakhir: Dari Cristiano Ronaldo hingga Van Persie
    Anthony Martial (Foto: AFP/Michael Steele)
    Jakarta: Nama Anthony Martial sedang banjir pujian. Bagaimana tidak. Striker asal Prancis tersebut sukses mencetak hattrick untuk Manchester United saat menghadapi Sheffield United pada matchday ke-31 Liga Primer Inggris 2019--2020, Kamis 25 Juni.

    Torehan tiga gol tersebut membanggakan bagi Martial. Selain mengantarkan kemenangan, ketiga gol Martial mengakhiri puasa hattrick United selama tujuh tahun di Liga Primer Inggris. Sejak 2013, belum ada satu pun pemain Red Devils yang berhasil mencetak tiga gol dalam satu pertandingan.

    Catatan hattrick sejatinya pernah diciptakan oleh pemain United, yakni Zlatan Ibrahimovic pada Februari 2017. Namun, torehan tersebut bukan diciptakannya di Liga Inggris.

    Adapun torehan hattrick terakhir United di Liga Inggris dicatatkan oleh Robin Van Persie. Ia sukses mencetak hattrick pada 22 April 2013.

    Sportskeeda mencatatkan setidaknya ada lima pemain MU yang sukses mencetak hattrick dalam dua dekade terakhir. Berikut di antaranya yang sudah dihimpun Medcom.id:

    5. Cristiano Ronaldo
    5 Pencetak Hattrick MU Dua Dekade Terakhir: Dari Cristiano Ronaldo hingga Van Persie
    (AFP/Andrew Yates)

    Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain Manchester United yang pernah mencetak hattrick. Namun, ia hanya satu kali mencatatkan hattrick selama enam musim memperkuat Red Devils.

    Hattrick pertama dan terakhir Ronaldo untuk United itu diciptakan saat menghadapi Newcastle United di Liga Inggris pada Januari 2008. Ketiga golnya itu sukses membawa United meraih kemenangan dengan skor 6-0.

    Setelah itu, Ronaldo tak pernah lagi menyumbang hattrick untuk United sebelum pindah ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2009. Meski begitu, Ronaldo justru menciptakan hattrick setelah hengkang dari United. Total, pemenang lima kali Ballon d'Or itu sudah mencatatkan 56 hattrick sepanjang kariernya.

    4. Wayne Rooney
    Rooney adalah salah satu striker tersubur dimiliki sepanjang sejarah MU. Total, ia sudah menyumbang 253 gol untuk Red Devils.

    Namun, Rooney tidak mudah untuk mencapai hattrick bersama MU di Liga Inggris. Ia butuh dua musim mencetak rekor tersebut sejak bergabung dengan United pada 2004.
    5 Pencetak Hattrick MU Dua Dekade Terakhir: Dari Cristiano Ronaldo hingga Van Persie
    (AFP/Andrew Yates)

    Hattrick pertama di Liga Inggris diciptakan Rooney pada musim 2006--2007. Tepatnya saat United menghadapi Bolton Wanderers pada 28 Oktober 2006. 

    Adapun hattrick terakhir Rooney terjadi pada 10 September 2011. Menariknya, ia mencetak hattrick itu saat menghadapi lawan yang sama, yakni Bolton saat itu.

    3. Dimitar Berbatov
    5 Pencetak Hattrick MU Dua Dekade Terakhir: Dari Cristiano Ronaldo hingga Van Persie
    (AFP/Andrew Yates)


    Berbatov bergabung dengan United pada bursa transfer musim panas 2008. Ia diboyong dari Tottenham Hotspur dengan nilai transfer sebesar 37,5 juta poundsterling (sekitar Rp543,8 miliar).

    Selama berseragam empat musim berseragam United, Berbatov tampil cukup impresif. Saking impresif, ia berhasil membuat empat kali hattrick selama empat musim bersama United. 

    Berbatov mencetak hattrick pertama saat United menghadapi Liverpool pada musim 2010--2011. Ketiga golnya itu sukses membawa Red Devils menang atas Liverpool dengan skor 3-2. 

    Sementara itu, hattrick terakhir Berbatov diciptakan saat menghadapi Wigan Athletic pada musim 2011--2012. Kala itu, United sukses menaklukkan Wigan dengan skor 5-0.

    2. Shinji Kagawa
    Karier Kagawa bersama United sebetulnya tidak terlalu mentereng. Ia hanya berseragam Red Devils selama dua musim (2012--2014). Dalam periode tersebut, gelandang asal Jepang itu hanya menyumbang enam gol untuk United.
    5 Pencetak Hattrick MU Dua Dekade Terakhir: Dari Cristiano Ronaldo hingga Van Persie
    (AFP/Andrew Yates)

    Meski kariernya tak begitu gemilang di United, kontribusi Kagawa masih banyak mendapat apresiasi. Terutama saat ia tampil menghadapi Norwich City pada musim 2012--2013. Kala itu, ia sukses menyumbang tiga gol sekaligus memenangkan United meraih kemenangan dengan skor 4-0.

    Tiga gol ke gawang Norwich itu setidaknya menjadi kebanggaan buat Kagawa. Sebab, ia menjadi pemain Asia pertama yang berhasil mencetak hattrick dalam sepanjang sejarah Liga Primer Inggris.

    1. Robin Van Persie
    5 Pencetak Hattrick MU Dua Dekade Terakhir: Dari Cristiano Ronaldo hingga Van Persie
    (AFP/Paul Ellis)

    Van Persie tentu menjadi salah satu pemain kebanggaan bagi Manchester United. Meski hanya bermain tiga musim, kontribusi untuk Red Devils terbilang impresif.

    Catatan gol dan dua gelar yang disumbangkannya sudah cukup membuktikan besarnya kontribusi untuk United. Selama memperkuat Setan Merah, ia sudah menyumbang 58 gol dari 105 penampilannya di seluruh kompetisi.

    Tak hanya itu. Van Persie juga pernah membuat hattrick untuk United sebanyak dua kali di Liga Primer Inggris. Pertama, ia mencetak hattrick saat menghadapi Southampton pada 2 September 2012.

    Kesempatan mencetak hattrick kedua Van Persie datang pada 22 April 2013. Tepatnya saat United menghadapi Aston Villa. Ketiga gol tersebut sukses membawa Red Devils menang dengan skor 3-0.

    Semakin terasa membanggakan ketiga golnya juga sekaligus mengantarkan United menjadi juara Liga Primer Inggris 2012--2013. Gelar liga terakhir yang didapat United.


    Video: Seremonial Mengheningkan Cipta di Liga Primer Inggris

     



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id