Setelah 3 Bulan, Wasit Baru Merasa Bersalah atas Cedera Van Dijk

    Kautsar Halim - 11 Januari 2021 15:30 WIB
    Setelah 3 Bulan, Wasit Baru Merasa Bersalah atas Cedera Van Dijk
    Wasit Liga Primer Inggris Michael Oliver. (Lars Baron / POOL / AFP)
    Jakarta: Wasit Liga Primer Inggris Michael Oliver mengakui bahwa telah membuat kesalahan karena tidak memberikan kartu merah kepada penjaga gawang Everton Jordan Pickford atas tekel berlebihannya kepada bek Liverpool Virgil van Dijk dalam derbi Merseyside pada Oktober tahun lalu.

    Dalam laga yang berakhir dengan skor imbang 2-2 tersebut, Van Dijk mengalami cedera jaringan ikat sendi depan sehingga harus menjalani operasi lutut dan absen hingga saat ini. Namun pelanggaran Pickford itu tak membuatnya dihukum oleh Oliver maupun ofisial VAR.

    Oliver berpendapat bahwa Pickford beruntung bisa terus bermain dalam laga tersebut. Pasalnya, kata dia, VAR menilai bek andalan Liverpool itu sudah dalam posisi offside sehingga tak pantas dihadiahi penalti.

    "Pikiran awalnya adalah bukan penalti karena sudah offside. Jadi pertamanya kami memeriksanya untuk offside itu," kata Oliver kepada Daily Mail.

    "Saya sudah bilang ke VAR, jika ini bukan offside, saya akan berikan penalti. Saya sudah menyaksikan ulang laga itu berkali-kali," tambahnya,

    "Saya tak menganggap Pickford telah melakukan hal selain menyelamatkan bola, tapi dia melakukannya dengan cara yang salah seperti diperlihatkan dari adanya cedera itu," lanjut Oliver.

    Meski begitu, Oliver agak heran karena tidak ada seorang pun pemain Liverpool yang memohon agar dikeluarkan kartu merah untuk kiper Everton itu. Dengan begitu, keputusannya untuk melanjutkan laga jadi semakin kuat.

    "Kami harusnya melanjutkan laga dengan keputusan offside seperti sudah kami tempuh, tetapi dengan hukuman yang berbeda untuk Jordan Pickford," tutup Oliver. (Daily Mail)
     

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id