Mengenal Bek Anyar Liverpool Kostas Tsimikas

    Kautsar Halim - 11 Agustus 2020 23:02 WIB
    Mengenal Bek Anyar Liverpool Kostas Tsimikas
    Kostas Tsimikas. (Foto: liverpoolfc.com)
    Jakarta: Liverpool berhasil merekrut bek kiri anyar, Kostas Tsimikas pada Senin 10 Agustus waktu setempat. Dia diboyong dari Olympiacos dengan banderol 11,75 juta poundsterling atau sekitar (Rp226 miliar).

    Pemilik nama asli Konstantinos Tsimikas itu direkrut The Reds dengan kontrak berdurasi lima tahun. Dia ditugaskan melapis Andrew Robertson yang dua musim belakangan ini jarang tergantikan. 

    Alberto Moreno yang sebelumnya menjadi bek kiri cadangan Liverpool sudah hengkang sejak tahun lalu. Sedangkan James Milner yang biasanya melapis Robertson sudah tidak muda lagi atau tepatnya berusia 34 tahun.

    Tsimikas tergolong masih muda ketika pindah ke Liverpool, yakni berusia usia 24 tahun. Namanya memang tidak terlalu tenar di kancah sepak bola dunia, tapi pengalamannya bersama Olympiakos tergolong apik.

    Berikut sejumlah informasi untuk mengenal lebih dalam Kostas Tsimikas:

    - Tsimikas merupakan bintang Olympiacos yang tidak lahir maupun besar di Athena. Dia berasal dari desa kecil di Yunani yang bernama Lefkonas. Statusnya sebagai pendatang bisa menjadi alasan atas dipinjamkannya dia ke tim Denmark Esjberg dan tim Belanda Willem II. Dia baru dipanggil kembali ke Olympiacos pada 2018 dan langsung menjadi pilihan utama sejak saat itu.

    - Gaya permainan Liverpool yang menggunakan bek sayap murni tampak cocok dengan karakter Tsimikas yang cepat dan memiliki operan akurat. Selain itu, dia disiplin kembali ke belakang setelah membantu serangan. Pelatih timnas Yunani John van't Schip menyebutkan Tsimikas bukan bek sayap sembarangan.

    "Dia pemain bagus dan bek sayap muda yang tampil sangat baik. Dia selalu menjalani musim dengan baik sebagai pilihan utama," kata Schip.

    Tsimikas mampu tampil 46 kali di semua laga yang dimainkan Olympiacos pada musim 2019--2020. Meski tidak menyumbang gol, setidaknya ada tujuh assist yang dia mampu dia berikan dalam sekian banyak kesempatan itu. Dia juga pernah membela timnas Yunani sebanyak tiga kali.

    - Sama seperti di Olympiacos, Tsimikas bakal mengenakan nomor punggung 21 di Liverpool. Sebelum sepakat ke Stadion Anfield, dia sempat dirayu oleh Napoli, Leicester City dan Chelsea. Tadinya, The Reds lebih tertarik dengan bek sayap Norwich City, Jamal Lewis. Tapi, kesepakatan gagal terjadi karena harganya dianggap terlalu mahal.

    - Tsimikas menjalani debut pemain senior Olympiacos pada Desember 2015. Tapi, jam terbangnya dengan klub Yunani itu baru 86 pertandingan karena dipinjamkan selama dua musim kepada Esbjerg fB dan Willem II. Musim ini, Tsimikas punya peran penting untuk mengembalikan gelar liga Yunani yang lepas dari tangan Olympiacos selama dua tahun.

    - Dalam wawancara seusai penandatanganan kontrak, Tsimikas mengaku kepindahannya didukung kuat oleh saudaranya yang merupakan fans Liverpool. Dia mengklaim sudah mengidolakan Liverpool sejak kecil dan memiliki restu dari keluarga besarnya juga.


    (KAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id