Semua Tim Liga 1 Dilarang Tampil di Markasnya Sendiri

    Kautsar Halim - 31 Mei 2021 18:51 WIB
    Semua Tim Liga 1 Dilarang Tampil di Markasnya Sendiri
    Ilustrasi sepak bola. (Ann/Pixabay)



    Jakarta: Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno menyatakan, tidak ada tim yang bermain di stadion kandangnya (home base) masing-masing ketika mengarungi Liga 1 Indonesia 2021--2022. Aturan itu dibuat demi keadilan semua tim peserta.

    "Liga 1 musim terbaru tidak menerapkan skema 'home and away' (kandang dan tandang). Jadi, tidak ada tim yang bermain di 'home base'," kata Sudjarno seperti dilansir Antara, Senin (31/5/2021).

     



    Dengan adanya aturan ini, artinya klub seperti Persija tidak akan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Persebaya tidak bertanding di Surabaya, begitu pula dengan tim lainnya. Regulasi tersebut berlaku meski Liga 1 bergulir secara terpusat di Pulau Jawa.

    "Di Liga 1, setiap tim akan bertemu dua kali tetapi tidak ada laga yang berlangsung di 'home base' tim yang bertanding," ungkap Sudjarno.

    Liga 1 Indonesia tahun ini dijadwalkan bergulir mulai 10 Juli 2021 hingga Maret 2022. Formatnya masih menggunakan sistem liga penuh, tapi dibagi menjadi enam seri yang berlangsung di tiga klaster daerah Pulau Jawa.

    Klaster pertama terdiri dari Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Klaster kedua di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, sedangkan klaster ketiga di Jawa Timur. LIB juga menyatakan terdapat 22 stadion yang dipersiapkan untuk menggelar pertandingan.

    "Untuk klaster satu ada delapan stadion, klaster dua ada enam stadion dan di klaster tiga terdapat delapan stadion," terang Sudjarno.

    Namun pria berusia 59 tahun itu juga menyatakan, LIB akan membicarakan lebih jauh soal teknis penggunaan stadion dan lainnya dengan klub-klub Liga 1 lewat pertemuan virtual pada Kamis 3 Juni mendatang.

    "Di sana kami akan menjabarkan kembali soal hasil kongres PSSI. Kemudian akan membicarakan soal jadwal 'manager meeting'," pungkas Sudjarno. (ANT)

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id