Yogyakarta Siap Jadi Venue Lanjutan Liga 1

    Ahmad Mustaqim - 22 Juni 2020 21:07 WIB
    Yogyakarta Siap Jadi Venue Lanjutan Liga 1
    Ilustrasi by medcom.id
    Yogyakarta: PSSI dan operator kompetisi telah menyepakati Liga 1 musim 2020 kembali berlanjut. Muncul wacana pemusatan pelaksanaan Liga 1 2020 di kawasan Pulau Jawa.

    Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan sinyal positif andai kompetisi akan dilanjutkan di kota gudeg. Sejumlah fasilitas, baik penginapan hingga stadion, cukup representatif.

    "Kalau fasilitas di DIY representatif, silakan saja," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, dihubungi, Senin, 22 Juni 2020.

    Setidaknya, ada tiga stadion di DIY yang dipakai untuk kompetisi, Liga 1 maupun Liga 2. Mulai dari Stadion Maguwoharjo, Stadion Mandala Krida, dan Stadion Sultan Agung. Selain itu, ada sejumlah lapangan yang kerap dipakai untuk pemusatan latihan.

    Kadarmanta menilai, iklim sepak bola di DIY cukup bagus. Selain ada klub yang berkompetisi di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, suporter setiap tim juga setia mendukung langsung ke stadion.

    Ia meminta operator liga dan PSSI melakukan antipasi dengan sikap fanatisme suporter. Hal ini berkaca pada sejumlah kerusuhan suporter di saat maupun setelah pertandingan.

    "PSSI dan klub harus bisa mengedukasi suporter. Jangan sampai terjadi kekerasan di sepak bola," katanya.

    Di sisi lain, belum ada kepastikan bisa atau tidaknya suporter hadir di stadion. Namun, ia menekankan suporter dan tim harus bisa introspeksi diri, bahwa setiap pertandingan bisa ada hasil menang, imbang, dan kalah.

    "Perlu juga mengetatkan penjagaan karena mobilitas suporter dari luar daerah bisa besar. Seluruh pemain dan ofisial juga perlu screening di masa (pandemi covid-19) saat ini," ujarnya. 
      
    Video: Seremonial Mengheningkan Cipta di Liga Primer Inggris



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id