Polda DIY Siap Berikan Pengamanan Lanjutan Liga 1

    Ahmad Mustaqim - 29 Juli 2020 14:42 WIB
    Polda DIY Siap Berikan Pengamanan Lanjutan Liga 1
    Pertemuan PT LIB dengan jajaran Polda DIY. (Foto: Humas Polda DIY)
    Yogyakarta: Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap memberikan pengamanan kompetisi Liga 1 yang dipusatkan di Pulau Jawa, salah satunya di Yogyakarta. Stadion Maguwoharjo di Sleman dan Stadion Sultan Agung di Bantul telah dipilih menjadi kandang sejumlah klub Liga 1 dari Pulau Jawa. Pihak Polda DIY telah menerima kunjungan PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi. 

    "Kami akan memberikan dukungan penuh. Kami akan siap mengamankan agenda tersebut,” ujar Kapolda DIY, Inspektur Jenderal Asep Suhendar di Yogyakarta, Selasa 28 Juli.

    Asep mengatakan, pengamanan pertandingan sepak bola bukan masalah bagi jajarannya. Ia mengatakan, sudah ada tiga klub di DIY yang berkompetisi di sejumlah kasta sepak bola nasional, seperti PSS Sleman (Liga 1), PSIM Yogyakarta (Liga 2), dan Persiba Bantul (Liga 3). 

    "Kami sudah terbiasa dengan laga profesional tim-tim asal DIY, ada PSS Sleman, Persiba Bantul, PSIM Yogyakarta. Tim dari kota pelajar ini juga kerap menjadi tuan rumah bagi tim-tim besar dari kota lain yang memiliki suporter berlimpah," ujar Asep. 

    Direktur Utama Operasional PT LIB, Inspektur Jenderal Sudjarno mengonfirmasi ada enam tim yang rencananya akan berkandang di DIY, yakni PSM Makassar, Bali United, Persija Jakarta, Persiraja Banda Aceh, Borneo FC, dan PSS Sleman. Sudjarno mengatakan PT LIB telah melakukan peninjauan dan verifikasi Stadion Maguwoharjo dan Stadion Sultan Agung. 

    "Setelah mempertimbangkan banyak hal, kami juga menginformasikan ke Bapak Kapolda bahwa Yogyakarta merupakan salah satu kota yang ideal untuk lanjutan kompetisi. Di kota ini, fasilitas dan infratruktur stadion dan kotanya sangat mendukung. Lokasinya juga di tengah Pulau Jawa," kata Sudjarno.   

    Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, adanya enam tim Liga 1 berkandang di DIY akan memberikan dampak positif, salah satunya ekonomi. Ia juga berjanji akan melaksanakan lanjutan kompetisi dengan prosedur kesehatan yang ketat. 

    "Dampak ekonomi itu contohnya tingkat hunian hotel. Kemudian kami juga menginformasikan bahwa kompetisi lanjutan Liga 1 2020 bisa dijadikan sebagai ajang yang tempat untuk kampanye memerangi pandemik korona. Slogan perubahan perilaku akan bisa efektif dari kompetisi ini," kata dia. 




    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id