PSSI Bakal Lanjutkan Liga 1 dan Liga 2 pada Tahun Depan

    Kautsar Halim - 29 Oktober 2020 15:23 WIB
    PSSI Bakal Lanjutkan Liga 1 dan Liga 2 pada Tahun Depan
    Logo PSSI (Dok. PSSI)
    Jakarta: Komite Eksekutif (Exco) PSSI telah memutuskan untuk menunda kompetisi domestik (Liga 1, Liga 2 dan Liga 3) musim 2020 hingga awal tahun depan. Keputusan itu mereka ambil lewat rapat Exco PSSI secara sirkuler pada Rabu 28 Oktober.

    Seperti diketahui, PSSI tadinya berenca melanjutkan kompetisi domestik musim ini pada Oktober. Namun, itu gagal terjadi karena pihak kepolisian belum memberikan izin keramaian dengan alasan penyebaran covid-19 masih tinggi.

    "Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1, 2,dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

    "PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut," tambahnya

    PSSI berharap kompetisi dapat bergulir dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi covid-19. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi pun sudah dibuatkan regulasinya serta diberikan kepada klub.

    Sementara itu, PT LIB juga mengamini bahwa tidak ada lanjutan kompetisi domestik pada akhir tahun ini. Menurut mereka, jadwal yang ideal adalah pada awal tahun 2021 sambil menggunakan format kompetisi baru.

    "Kalau kita ngomongin Desember itu ada Pilkada, natal, tahun baru, polisi pasti siaga penuh," ujar Direktur Utama PT LIB Akhmad Lukita seperti dikutip ANTARA, Kamis (29/10/2020).

    Akhmad menjelaskan, format kompetisi yang tepat jika digelar pada 1 Januari 2021 adalah membagi semua klub peserta menjadi dua wilayah agar lebih cepat selesai. Pasalnya, PSSI punya hajatan besar Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni tahun depan.

    Meski begitu, PT LIB belum membicarakan rencananya itu kepada klub. "Kami juga akan meminta masukan dari klub-klub," tutup Akhmad. (ANT)

     

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id