comscore

Liga 1: Persebaya Libas Persib, Marukawa Cetak Dua Gol

rizkiyanuardi - 08 Desember 2021 22:52 WIB
Liga 1: Persebaya Libas Persib, Marukawa Cetak Dua Gol
Taisei Marukawa (hijau) cetak dua gol ke gawang Persib-Foto Istimewa
Sleman: Laga sengit tersaji di partai klasik antara Persib Bandung versus Persebaya Surabaya pada pekan 16 Liga 1 2021--2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu 8 Desember 2021 malam.

Lebih mendominasi laga di babak pertama, Persib justru harus mengakui keganasan Persebaya di babak kedua. Skor akhir 0-3 menjadi milik Persebaya. Dua gol Persebaya dicetak Marukawa dan sebiji gol oleh Bruno.

 



Jalannya babak pertama, di tengah hujan yang mengguyur jalannya laga, Persib Bandung langsung menggebrak pertahanan Bajul Ijo, julukan Persebaya, lewat aksi-aksi Febri Haryadi, Wander Luiz dan Becham Putra.

Menit ke 14, Becham Putra yang sukses melewati sejumlah pemain Persebaya masih gagal memanfaatkan peluang saat sudah berhadapan dengan Ernando Ari, kiper Persebaya.

Striker asing Persib, Wander Luiz juga memperoleh kesempatan lewat tendangan salto di menit 27, memanfaatkan sepak pojok. Sayang masih tipis menyamping dari gawang Ernando Ari. Praktis, Persebaya hingga separuh laga babak pertama belum bisa keluar dari tekanan para pemain Persib.

Gelandang Maung Bandung yang diisi Dedi Kusnandar, Beckham Putra dan Marc Klok cukup tenang mengalirkan bola. Kecepatan Frets Butuan dan Ferdi Haryadi juga cukup merepotkan duet Arif Satria dan A Sesay di jantung pertahanan Persebaya.

Menit ke 28, Marc Klok mendapatkan kesempatan lewat tendangan bebas. Umpannya ke tiang jauh kepada N Kuipers masih bisa digagalkan Ernando. Pun begitu saat freekick diberikan usai Frets Butuan dilanggar di menit 33 yang masih bisa ditepis Ernando. Skor 0-0 masih bertahan.

Persib kembali mendapat peluang mencetak gol saat Febri lolos di kotak penalti usai menerima umpan Beckham di menit 37. Sayang tendangan keras kaki kanannya masih bisa diblok Ernando. Patut diacungi jempol penampilan Ernando di babak pertama.

Babak kedua, Persebaya mulai meningkatkan tekanan. Namun Persib mendapat peluang lebih dulu lewat Marc Klok di menit 48. Sayang tembakannya masih lemah. Pun begitu dengan Dedi Kusnandar di menit 52. Sepakannya memanfaatkan bola liar masih menyamping di gawang Persebaya.

Aji Santoso mulai melakukan pergantian di kubu Persebaya dengan memasukkan Rizky Ridho di menit 55, menggantikan Hambali Tholib. Hasilnya cukup efektif, Taisei Marukawa sukses menaklukkan gawang Persib Bandung yang dijaga M Natsir. Satu peluang Persebaya dibayar tuntas di menit 57 oleh skuat asing mereka, Marukawa.

Berawal dari sapuan tidak sempurna Zalnando, bola justru mengarah kepada Marukawa yang berdiri bebas. Dengan dribling bola sedikit saja, tendangan kaki kanan Marukawa menjebol gawang Persib. Skor 0-1 untuk Persebaya.

Unggul satu gol, para pemain Persebaya bermain lebih lepas. Semenit kemudian setelah gol Marukawa, gawang Persib kembali terancam. Umpan Marukawa gagal diselesaikan Bruno lewat sundulan.

Laga semakin seru di sisa setengah jam laga berjalan. Sepakan keras Jose Wikson masih mengenai tiang gawang Persib di menit 60. Skor 0-1 belum berubah.

Tertinggal, Persib memasukan Castilon, pemain bernaluri menyerang menggantikan Febri Haryadi. Asyik menyerang, Persib kembali tertinggal lewat skema serangan balik cepat di menit 70 lewat aksi Bruno. Berawal dari kerja sama tiga pemain, Wilson, Bruno dan Marukawa, gawang Persib kembali bobol. Skor 0-2 untuk Persebaya.

Pelatih Persib Bandung Rene Alberts langsung merespons dengan memasukkan pemain kreatif seperti Esteban Vescara dan Abdul Azis. Namun, belum tenangnya para pemain Persib menyelesaikan peluang sejak tertinggal dua gol belum merubah keadaan.

Marukawa kembali menjadi momok untuk tim-tim di Liga 1. Pada menit 91, mendapat umpan terobosan Marcelino, gelandang mungil asal Jepang itu kembali menaklukkan M Natsir. Skor menjadi 0-3 untuk Persebaya. Gol ke 9 buat Marukawa sejauh ini. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 0-2 bertahan untuk kemenangan Persebaya.

Menang, Persebaya naik ke posisi ketiga klasemen sementara dengan 30 poin dari 9 kali menang, 3 kali seri dan 4 kali kalah. Bajul Ijo sukses melangkahi Arema dan Bali United di posisi berikutnya. Sementara, kekalahan membuat posisi Persib rawan tergusur dari posisi kedua. Persib 9 kali menang, 4 kali seri dan 3 kali kalah dengan 31 poin.

Berikut susunan pemain:
Persib 4-3-3: M. Natshir, Jufriyanto, N. Kuipers, Zalnando, H. Herdiana, D. Kusnandar, M. Klok, F. Hariyadi, B. Putra, Wander Luiz, F. Butuan. Pelatih: R. Alberts

Persebaya 4-3-3: E. Ari, A. Sesay, R. Adi, Arif Satria, M. Hidayat, A. Setiawan, Bruno, H. Tolib, T. Marukawa, Wilkson, M. Ferdinan. Pelatih: A. Santoso.

(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id