Izin Gugus Tugas, Syarat PSSI Jika Lanjutkan Liga 1 & Liga 2

    Rendy Renuki H - 21 Juni 2020 12:28 WIB
    Izin Gugus Tugas, Syarat PSSI Jika Lanjutkan Liga 1 & Liga 2
    Sesmenpora Gatot S Dewa Broto (Medcom.id/Rendy Renuki H)
    Jakarta: PSSI memastikan akan melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Namun, izin dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menjadi syarat mutlak jika PSSI ingin melanjutkan kompetisi.

    Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto berpesan persetujuan Gugus Tugas wajib dikantongi PSSI. Pasalnya Gugus tugas belum mengizinkan olahraga yang sarat sentuhan fisik untuk digelar.

    Gugus Tugas pun sebelumnya telah mengisyaratkan memberikan izin Liga 1 dan Liga 2 digelar kembali. Asalkan dengan penanganan protokol kesehatan ketat, seperti adanya tes PCR di seluruh klub dan perangkat pertandingan.

    "Ya, sudah harus dihormati apa yang diputuskan Gugus Tugas. PSSI harus menunggu lampu hijau itu. Selama kebijakan itu belum dicabut berarti PSSI juga belum boleh? Iya, kalau pun sudah boleh, nanti akan dibalik. Ikuti apa kata Kemenpora (protokol kesehatan). Pasti seperti itu," kata Gatot. 

    "Kami menyusun protokol ini juga koordinasi dengan Gugus Tugas. Artinya, setelah ada pernyataan dari Bapak Doni Monardo (Kepala Gugus Tugas), PSSI jangan berkecil hati. Minta konfirmasi dengan gugus tugas," sambung Gatot.

    Gatot pun menegaskan pemerintah menyerahkan segala kebijakan kepada masing-masing induk cabang olahraga. Termasuk kebijakan PSSI yang akan memutar kembali kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

    Namun, ia juga meminta setiap induk cabang olahraga untuk memperhatikan kebijakan dari Gugus Tugas. Sehingga tak ada silang pendapat kebijakan di kemudian hari saat para induk cabang olahraga kembali memulai aktivitasnya.

    "Sejak semula saya sudah katakan jika itu ranahnya cabor dan itu tidak hanya berlaku pada PSSI, tapi cabor lain. Tetapi harus mempertimbangkan dan memperhatikan kebijakan yang diambil Gugus Tugas," pungkasnya.

    PSSI berencana melanjutkan Liga 1 dan Liga 2020 pada September atau Oktober mendatang usai dihentikan sejak Maret lalu. Sejumlah perubahan regulasi pun telah disiapkan PSSI menyiasati jalannya kompetisi di tengah pandemi korona.

    Seperti Liga 1 yang akan dipusatkan di Pulau Jawa, serta penghapusan degradasi musim ini. Sedangkan Liga 2 akan mengusung format home tournament, dan pengurangan tim promosi menjadi dua.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id