Selamat Ulang Tahun Arema

    Patrick Pinaria - 11 Agustus 2020 16:55 WIB
    Selamat Ulang Tahun Arema
    Para pemain Arema melakoni sesi latihan (Foto: Arema FC)
    Malang: Hari ini, tanggal 11 Agustus menjadi momen istimewa buat salah satu klub papan atas Indonesia, Arema FC. Sebab, klub asal Malang itu merayakan hari jadi mereka yang ke-33.

    Arema berdiri pada 1987. Klub ini resmi didirikan oleh mantan pengurus PSSI periode 80an, yakni Acub Zaenal.

    Awalnya, tim ini sudah dibentuk oleh Dirk "Derek" Sutrisno dengan nama Armada 86 pada tahun 1986. Ide membentuk tim ini muncul tak lepas dari kehadiran kompetisi Indonesia bernama Galatama.

    Saat itu, Dirk mengusulkan untuk mengadakan seminar yang bertema "Sudah saatnyakah Kota Malang memiliki klub Galatama?". Ide itu pun disetujui dan Dirk Sutisno membentuk klub bernama Armada 86.

    Tak lama, Armada 86 berganti nama menjadi Arema 86. Namun, kesulitan dana membuat Dirk Sutrisno tak bisa mempertahankan Arema 86. Hingga akhirnya, klub tersebut diambil alih Acub Zaenal.

    Acub berhasil menyelamatkan Arema 86 untuk bertahan dan tampil di Galatama. Kemudian, ia memutuskan untuk mengganti nama Arema 86 menjadi Arema Indonesia pada 11 Agustus 1987. Momen itu lah Arema Indonesia resmi didirikan sesuai akta notaris.

    Arema kemudian resmi menjadi peserta Galatama pada saat itu. Namun, prestasi mereka pasang surut di ajang tersebut. Mereka baru bisa meraih gelar Galatama pada 1992.

    Selang dua tahun, Arema bergabung sebagai anggota Liga Indonesia. Kompetisi yang dibentuk PSSI dengan melebur Galatama dengan Perserikatan.

    Namun, perjalanan Arema di Liga Indonesia tidak terlalu berjalan mulus. Mereka beberapa kali berganti nama dan pengelola. Dimulai dari nama PS Arema Malang, PS Arema Bantoel, Arema Indonesia, hingga Arema FC.

    Adapun prestasi Arema di Liga Indonesia cukup oke. Mereka setidaknya berhasil meraih satu kali gelar Liga Indonesia pada musim 2009--2010 dan menjadi dua kali runner up pada 2010--2011, dan 2013.

    Selain di Liga Indonesia, Arema juga sukses menuai prestasi di Piala Indonesia. Mereka berhasil meraih dua gelar pada ajang tersebut, yakni pada musim 2005 dan musim 2006.

    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id