Menanti Bergulirnya Si Kulit Bundar Usai Setahun Diganggu Covid-19

    Alfa Mandalika - 02 Maret 2021 16:37 WIB
    Menanti Bergulirnya Si Kulit Bundar Usai Setahun Diganggu Covid-19
    Ilustrasi by medcom.id



    Jakarta: Tepat pada hari ini setahun yang lalu, kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh pemerintah Indonesia. Kala itu, pada 2 Maret 2020, ada dua temuan kasus di Tanah Air.

    Sepak bola menjadi salah satu industri yang terdampak Covid-19. Khusus di Indonesia, kompetisi resmi dihentikan tidak lama pemerintah mengumumkan kasus pertama.






    Sontak, seusai tidak boleh beraktivitas di luar rumah membuat sendi-sendi persepakbolaan nasional terdampak. Tidak hanya pesepak bola yang terkena imbas pemotongan gaji, beberapa industri yang bersentuhan langsung dengan sepak bola juga merasakan imbasnya.

    Namun, perlahan masa-masa suram berangsur pulih. Hal itu tak lepas dari izin yang diberikan oleh pihak Kepolisian untuk menggelar turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora untuk Maret 2021. Tak ayal, banyak harapan agar sepak bola kembali bergulir namun tetap memastikan protokol kesehatan yang ketat.

    "Kita sepakat, kita berikan kesempatan, tentu dengan catatan, penegakan aturan terkait masalah protokol kesehatan, itu menjadi syarat utama," kata Kapolri Listyo Sigit, Kamis 18 Februari 2021.
     
    "Tentu dengan adanya kesepakatan tersebut, kita sama-sama menjaga komitmen, baik klub sepak bola, pemain, demikian juga dengan para suporter. Masalah protokol kesehatan tetap menjadi prioritas, kita akan coba memberikan izin terkait penyelenggaraan," sambungnya.

    "Terima kasih kepada Polri untuk memberikan kesempatan, sudah ada kesepakatan yang akan dilakukan turnamen pramusim, ini sekaligus menjadi ujian sebelum menggelar kompetisi," ujar Menpora Zainudin dalam pertemuan dengan Kapolri.

    Zainudin menambahkan, bahwa nantinya para pendukung dilarang datang langsung ke stadion atau pun nonton bareng (nobar). Jika nekat, sanski berat sudah menanti.

    "Ini sudah menjadi komitmen. Nobar (nonton bareng) tidak boleh kecuali di rumah sendiri bersama keluarga," ujar Zainudin yang juga meyakini bahwa semua kelompok suporter sudah memahami hal tersebut.
     
    Zainudin menjelaskan lebih lanjut, aparat pemerintah di semua daerah termasuk Polri dan Satgas Penanganan covid-19 akan melakukan pengawasan serta memantau secara rutin situasi di daerahnya selama Piala Menpora berlangsung pada 20 Maret-25 April 2021.

    "Jika ditemukan kerumunan pasti dibubarkan dan disanksi sesuai peraturan yang berlaku. Mabes Polri sudah menurunkan perintah itu ke jajaran Polda, Polres hingga Polsek," tutur Zainudin.

    Jika turnamen pramusim berjalan dengan ketentuan yang sudah disepakati, maka rencana menggulirkan kompetisi Liga Indonesia usai Idulfitri bakal berjalan mulus.

    Well, penulis optimistis dengan program vaksinasi yang sudah diberikan kepada pesepak bola dan atlet lainnya bisa membuat dunia olahraga nasional bergelora. Apalagi, kita akan menyambut Pekan Olahraga Nasional di Papua, Oktober mendatang. Tetap semangat dan jaga terus protokol kesehatan!




    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id