comscore

PSIS Menangi Derbi Jawa Tengah Atas Persis Solo

rizkiyanuardi - 21 Juni 2022 18:17 WIB
PSIS Menangi Derbi Jawa Tengah Atas Persis Solo
Ilustrasi Istimewa
Solo: Derbi Jawa Tengah antara tuan rumah Persis Solo versus PSIS Semarang pada laga fase Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa 21 Juni 2022 petang, berakhir untuk kemenangan Laskar Mahesa Jenar, julukan PSIS dengan skor tipis 1-2.

Babak pertama skor sama kuat 1-1. PSIS unggul lebih dulu lewat Dewangga, sebelum dibalas Fabiano Beltrame di babak pertama tambahan waktu.
 
Sejak kickoff, kedua tim silih berganti melakukan serangan. PSIS lebih hidup menguasai lini tengah di laga tersebut. Sementara pasukan Laskar Samber Nyawa, julukkan Persis Solo, mengandalkan serangan balik cepat.
Laga setengah jam, pelatih Jacksen F Tiago memasukkan pemain belia Zanadin Fariz. Jacksen sepertinya ingin mengandalkan Zanadin Fariz dengan kecepatannya untuk mengimbangi lini tengah Laskar Mahesa Jenar, julukkan PSIS.
 
Gol pertama di laga tersebut akhirnya terjadi pada menit 35. Aktornya adalah Alfreanda Dewangga yang mendapat umpan matang Fredyan Wahyu. Bola disundul Dewangga dari jarak lumayan jauh dan gagal diantisipasi Riyandi. Skor 0-1 untuk PSIS.
 
Zanadin nyaris mencetak gol penyama kedudukan. Sayang bola yang sempat defleksi hanya menyamping tipis dari gawang PSIS. Bek Alfath juga mendapat kans di pengujung laga. Sayang sepakannya masih melenceng.

Gol penyama kedudukan akhirnya terjadi pada menit 45+3. Throw in Aaron Evans di sisi kiri pertahanan PSIS, sukses disundul Fabiano ke sudut kanan gawang Aldhila Ray. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-1 tidak berubah.
 
Babak kedua, tempo tinggi tetap dipertontonkan kedua tim di derbi Jawa Tengah ini.

Peluang bagus didapat Hari Nur pada menit 50. Menerima umpan lob Marukawa, kapten tim Laskar Mahesa Jenar tersebut berhadapaan satu lawan satu dengan Riyandi. Namun, dengan tangkas bola masih bisa diselamatkan kiper Persis Solo ini dengan sigap, meski dari jarak dekat.

Selang semenit, giliran Christian Bagaskara mendapat kans lewat serangan balik cepat Persis Solo. Mendapat umpan matang Irfan Jauhari, pemain yang baru masuk di babak kedua tersebut melepaskan tendangan keras. Sayang, bola beberapa centimeter di atas gawang Ardhila.

Riyandi kembali menjadi pahlawan saat menggagalkan upaya Ovan. Sepakan kaki kirinya pada menit 63 usai menerima umpan matang Taisei Marukawa berhasil diblok Riyandi, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Semenit berselang, giliran Jonathan Cantillana yang baru dimasukkan mengancam lewat freekick. Bola yang menuju tiang jauh berhasil diselamatkan Riyandi dengan aksi akrobatik.

Gempuran bertubi-tubi PSIS akhirnya membuahkan hasil. Pada menit 68, umpan Marukawa ke arah Fredyan langsung diteruskan ke mulut gawang Persis Solo. Cortes yang berdiri bebas menanduk bola dengan keras. Meski digagalkan Riyandi, bola rebound kembali ke arah Cortes. Tandukan kedua Cortes sukses menjadi gol. Skor 1-2 untuk PSIS.

Tensi tinggi mewarnai laga di sisa waktu 10 menit. Kartu merah juga dihadiahi wasit Thabrani kepada ofisial Persis Solo pada babak tambahan waktu. Drama juga terjadi pada menit 90+3. Irfan Bachdim terlihat dilanggar Frendi Saputra. Sempat terjadi diskusi wasit dengan asistennya, namun ternyata bukan pelanggaran.

Hingga wasit Thabrani meniup peluit panjang, tak ada gol lagi tercipta. Derbi Jawa Tengah yang dibumbui sejumlah drama dimenangkan PSIS dengan skor tipis 1-2. Menang, PSIS kokoh di puncak klasemen dengan pon 7 dari 3 laga. Sementara Persis Solo terpaku di posisi 5 alias juru kunci dengan poin 1 dari 2 laga.

Susunan pemain kedua kesebelasan:
Persis Solo (4-4-2): M Riyandi, Alfath Fathier, Fabiano Beltrame, Andri Ibo, Abduh Lestaluhu, Aaron Evans, Taufiq, Bhagas, Irfan Jauhari, Hamsa Lestaluhu, Samsul Arif. Pelatih: Jacksen F Tiago.

PSIS Semarang (4-4-3): Aldhila Ray Redondo, Fredyan Wahyu, Alfreanda Dewangga, Wahyu Prast, Frendi Saputra, Eka Febri, Guntur, Oktafianus Fernado, Taisei Marukawa, Hari Nur, Carlos Fortes. Pelatih: Sergio Alexandre.

(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id