comscore

Shin Tae-yong: Skuat Garuda Butuh Keajaiban!

rizkiyanuardi - 29 Desember 2021 23:18 WIB
Shin Tae-yong: Skuat Garuda Butuh Keajaiban!
Ricky Kambuaya (kiri) saat berduel dengan pemain Thailand-Foto AFP/ROSLAN RAHMAN (STF)
Singapura: Timnas Indonesia babak belur dihajar Timnas Thailand empat gol tanpa balas (0-4) di leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu 29 Desember 2021.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengakui Skuat Garuda, julukan Indonesia, membutuhkan keajaiban agar bisa membalikkan keadaan, bahkan sampai juara. Ya, Asnawi dan kawan-kawan mesti menang besar di atas empat gol untuk juara. Mustahil, tapi semua bisa saja terjadi di sepak bola.
“Saya menerima kekalahan itu dan saya tahu bahwa tidak mungkin untuk kembali dan mengalahkan Thailand di leg kedua, terutama jika kami bermain seperti yang kami lakukan di babak kedua malam ini," terang pria asal Korea itu kepada situs resmi Piala AFF 2020.

“Namun, bolanya bulat, kami tidak akan menyerah dan kami akan terus berjuang. Saya tidak akan terlalu fokus pada apa yang salah malam ini, tetapi lebih pada apa yang kami lakukan dengan baik untuk terus mendorong para pemain.”

Sebuah gol cepat dari Chanathip setelah hanya 90 detik, tercepat dalam sejarah final Piala AFF, membawa Thailand unggul hingga turun minum, sebelum ia mencetak gol keduanya di menit 52 babak kedua.

Gol Supachok Sarachat dan Bordin Phala melengkapi kemenangan Thailand, yang pada final kali ini merotasi tujuh pemain intinya yang tampil di leg kedua semifinal melawan Vietnam.

Thailand harus kehilangan beknya pada menit ke-39, ketika Elias Dolah ditarik keluar karena cedera kaki. Indonesia hampir mengambil keuntungan dari perombakan pertahanan Thailand. Witan Sulaeman yang berlari ke kiri memberikan umpan untuk Alfeandra Dewangga. Sayang tembakan Dewa masih melambung, padahal sudah berhadap-hadapan dengan kiper Siwarak Tedsungnoen.

Di pengujung babak pertama, Nadeo beraksi menepis tembakan Bordin. Hingga turun minum Thailand memiliki keunggulan satu gol.

Indonesia membuat tiga perubahan pada interval kedua. Tetapi malah Thailand yang menggandakan keunggulan mereka tujuh menit laga berjalan. Serangan balik cepat Supachok bisa dikonversi Chanathip yang mencetak gol keduanya untuk Thailand. Skor 0-2 untuk Gajah Perang.

Menit 60, Irfan Jaya memiliki peluang bagus mencetak satu gol usai menerima umpan Ricky Kambuaya. Sayang, upayanya masih digagalkan kaki Siwarak.

Thailand menjauh usai mencetak gol ketiganya di leg pertama final. Supachok sukses menyarangkan bola setelah menerima umpan Roller di menit ke-67.

Usai menarik keluar sejumlah pemain intinya, Thailand menambah satu gol lagi lewat Bordin Phala di menti 83. Kalah 0-4 berat buat Indonesia membalikkan keadaan di leg kedua final, Sabtu 1 Januari 2022 nanti.

Video: Mantan Pelatih Timnas Indonesia: Ini Pertarungan Mental


(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id