PSSI Minta Timnas Senior Diajak TC ke Korsel

    Kautsar Halim - 29 Juli 2020 20:52 WIB
    PSSI Minta Timnas Senior Diajak TC ke Korsel
    Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dan Shin Tae-yong. (Foto: AFP/Tjahyadi Ermawan)
    Jakarta: Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya berharap para pemain timnas senior juga menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan (Korsel). Namun, keputusan finalnya tergantung kepada di Shin Tae-yong selaku kepala pelatih timnas.

    Awalnya, Tae-yong hanya ingin membawa timnas U-19 ke Korea Selatan untuk berlatih dan beruji coba. Agenda itu dijadwalkan setelah TC di Jakarta yang diikuti juga oleh skuat timnas senior.

    "Saya meminta, kalau memang berangkat ke Korea, seyogianya kedua timnas berangkat agar Shin Tae-yong bisa melatih semuanya," ujar Iriawan di Jakarta, Rabu.

    PSSI menilai, timnas senior harus diikutkan karena akan menjalani tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Oktober mendatang. Meski mereka dipastikan tidak lolos, namun hasil pertandingannya masih berpengaruh terhadap ranking FIFA.

    "Kami meminta Shin jangan meninggalkan timnas senior. Fokusnya memang untuk Piala Dunia U-20, tetapi rakyat Indonesia menginginkan agar timnas senior membawa hasil maksimal dari tiga laga terakhir. Lagipula, Shin Tae-yong memang didatangkan untuk melatih tiga timnas yaitu senior, U-23 dan U-19," tutur Iriawan.

    Dengan pertimbangan itu, PSSI meminta Tae-yong untuk menyusun kembali programnya dan memberi kabar tentang kepastian TC ke Korea Selatan pada Senin 3 Agustus mendatang. 

    Sementara, terkait alasan Tae-yong yang mau membawa timnas U-19 ke Korea Selatan, Mochamad Iriawan menjelaskan bahwa itu dilakukan karena sulit mendatangkan lawan uji coba internasional di tengah pandemi. Jika di Korsel, timnas jadi lebih mudah mendapatkan lawan yang berkualitas karena kompetisi di sana juga sudah bergulir.

    "Shin menyampaikan, ada empat sampai lima lawan yang bisa dihadapi oleh timnas. Jadi bukan hanya bertanding saja, tetapi mencari atmosfer pertandingan untuk mengincar kemenangan," kata Iriawan.

    Tim nasional dan U-19 Indonesia tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya  berlangsung di Jakarta pada 23 Juli-8 Agustus mendatang. Terhitung, ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dilibatkan. (ANT)





    (KAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id