Soccertainment

    Daftar Pelatih Terboros 20 Tahun Terakhir

    Gregorius Gelino - 04 Juli 2020 20:46 WIB
    Daftar Pelatih Terboros 20 Tahun Terakhir
    Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho (AFP/Matthew Childs)
    Jakarta: Pekerjaan sebagai pelatih klub sepak bola memang tak mudah. Tuntutan hasil yang instan membuat posisi mereka kerap berada dalam jurang pemecatan.

    Tak heran jika pelatih meminta klubnya untuk mengeluarkan dana belanja demi memenuhi target yang dicanangkan. Meski terkadang dana besar tak melulu menghasilkan.

    Medcom.id pun mengkompilasi daftar pelatih yang mengeluarkan uang terbanyak sejak 2000 dilansir dari transfermarkt. Berikut daftar lengkapnya.

    1. Jose Mourinho (Rp 26,6 triliun)
    Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, merupakan pelatih dengan pengeluaran terbanyak. Arsitek 57 tahun ini menggelontorkan 1,63 triliun euro selama 20 tahun menangani tim untuk mendatangkan 99 pemain.

    Sepanjang kariernya, Mourinho pernah melatih Benfica, Leiria, Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, hingga Manchester United. Lebih dari 20 trofi telah ia persembahkan.

    2. Pep Guardiola (Rp 21,7 triliun)
    Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memulai debutnya sebagai pelatih tim utama pada 2008. Namun, ia telah menggelontorkan 1,33 triliun euro selama 12 tahun berkarier untuk memboyong 61 pemain.

    Guardiola memulai kariernya sebagai pelatih Barcelona B pada 2007 sebelum ditunjuk sebagai pelatih utama Barcelona setahun kemudian. Setelah Barcelona, Guardiola sempat melatih Bayern Muenchen hingga Manchester City yang kini masih ia tangani.

    Meski begitu, dana yang dikeluarkan Guardiola bisa ia pertanggungjawabkan. Selama 12 tahun, sudah lebih dari 20 piala ia persembahkan kepada klub yang mempekerjakannya.

    3. Carlo Ancelotti (Rp 21 triliun)
    Pelatih veteran asal Italia menjadi nama ketiga yang paling banyak belanja sejak 2000. Ia menggelontorkan 1,29 triliun euro untuk belanja 81 pemain.

    Memulai karier sebagai pelatih Reggiana, Ancelotti pernah melatih sejumlah klub bergensi seperti Parma, Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Real Madrid, Bayern Muenchen, Napoli, dan kini Everton dengan raihan 19 trofi.

    4. Manuel Pellegrini (Rp 18,466 triliun)
    Arsitek asal Chile, Manuel Pellegrini, menjadi nama keempat yang paling banyak menggolontorkan dana belanja. Ia menghamburkan 1,13 triliun euro untuk mendatangkan 86 pemain.

    Memulai karier di Chile, Pellegrini sempat berkutat di Amerika Latin sebelum pindah ke Eropa pada 2004. Ia sempat menangani klub-klub seperti Villarreal, Real Madrid, Malaga, Manchester City, hingga West Ham.

    Pellegrini saat ini masih menganggur setelah dipecat West Ham. Sayangnya, prestasi Pellegrini tak sebanding dengan dana yang ia hamburkan. Sejak tahun 2000, Pellegrini hanya mampu meraih empat trofi bergengsi.

    5. Max Allegri (Rp 17,3 triliun)
    Pelatih asal Italia, Max Allegri, telah berkarier di dunia manajerial sejak 2003. Selama 17 tahun, Allegri mengeluarkan 1,06 triliun euro untuk mendapatkan 95 pemain.

    Allegri tak pernah melatih di luar Italia. Ia pernah melatih klub seperti Sassuolo, Cagliari, AC Milan, hingga Juventus. Allegri juga berhasil mempersembahkan 13 trofi yang ia raih ketika melatih Milan dan Juve.

    6. Diego Simeone (Rp 16,154 triliun)
    Pelatih Atletico Madrid ini memulai karier sebagai pelatih pada 2006. Sejak itu, ia telah mengeluarkan 988,54 juta euro untuk mendatangkan total 66 pemain.

    Simeone memulai kariernya di Argentina dengan melatih Racing Club. Sempat melatih Catania, ia kembali ke Racing sebelum melatih Atletico Madrid pada 2012 dan meraih tujuh gelar bersama Los Rojiblancos.

    7. Arsene Wenger (Rp 14,584 triliun)
    Pelatih tersukses dalam sejarah Arsenal. Wenger menangani The Gunner selama 22 tahun sejak 1996.

    Wenger menggelontorkan 892,47 juta euro untuk mendatangkan 85 pemain. Dana sebesar itu menghasilkan lebih dari 14 trofi untuk The Gunners.

    8. Antonio Conte (Rp 14,490 triliun)
    Arsitek Inter Milan ini memulai kariernya pada 2006. Selama 14 tahun melatih, Conte sudah menangani klub-klub top seperti Juventus dan Chelsea.

    Conte juga tak segan menghamburkan uang untuk memperkuat timnya. Dana sebesar 886,69 juta euro telah ia gunakan untuk mendatangkan 78 pemain dan ia sudah mempersembahkan enam gelar.

    9. Ernesto Valverde (Rp 13,876 triliun)
    Mantan pelatih Barcelona ini memulai kariernya sebagai pelatih sejak 2003. Sejak saat itu, Valverde telah menggelontorkan 849,13 juta euro untuk 53 pemain.

    Valverde menghabiskan sebagian besar kariernya di Spanyol meski sempat melatih Olympiakos. Selama 17 tahun, Valverde telah meraih 10 trofi yang sebagian besar diraih ketika melatih Barca dan Olympiakos.

    10. Rafa Benitez (Rp 13,479 triliun)
    Mantan pelatih Liverpool ini melengkapi daftar pelatih terboros dalam 20 tahun terakhir. Benitez mengeluarkan 824,87 juta euro untuk mendatangkan 101 pemain.

    Benitez telah melatih sejumlah klub bergensi seperti Valencia, Liverpool, Inter Milan, Chelsea, Napoli, hingga Real Madrid. Ia juga meraih 12 trofi yang mayoritas ia raih ketika melatih Liverpool.

    (GRG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id