Shin Tae-yong Suka Remehkan Pemain Indonesia

    Rendy Renuki H - 24 Juni 2020 23:59 WIB
    Shin Tae-yong Suka Remehkan Pemain Indonesia
    Manajer pelatih TImnas Indonesia Shin Tae-yong (Dok. PSSI)
    Jakarta: Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Indonesia (APPSI) Yeyen Tumena mengkritisi sikap Shin Tae-yong. Selain kerap mengumbar masalah internal PSSI kepada media di Korea Selatan, Tae-yong pun suka meremehkan pemain Indonesia.

    Menurutnya, sikap seperti itu tak layak diperlihatkan seorang pelatih. Sebagai sesama pelatih, Yeyen memberikan pandangan bagaimana seharusnya seorang pelatih bersikap.

    "Jujur saja, sebagai pelatih menurut saya STY (Shin Tae-yong) terlalu banyak mengucapkan kata-kata yang tidak pantas, termasuk meremehkan pemain Indonesia," kata Yeyen dalam keterangan resminya, Rabu 24 Juni.

    "Seharusnya, pelatih harus memberikan motivasi dan perkataan yang positif kepada pemain dan timnya. Bukankah dia dibayar mahal untuk memperbaiki sepakbola Indonesia?" sambungnya.

    Yeyen juga menyoroti friksi Shin Tae-yong dengan PSSI akibat pernyataannya di media Korea. Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia itu mencurigai ada pihak yang sengaja membuat hubungan Shin Tae-yong dan PSSI memanas.

    "Saya kok melihat ada yang aneh. Jangan-jangan STY mendapatkan masukan yang tidak benar dalam situasi ini. Kasihan dia. Mungkin saja ada permainan agen atau orang di balik layar. Tak bisa dipungkiri, STY belum fasih berbahasa Indonesia dan saat ini dia jauh dari kita," duga Yeyen.

    "Jadi, bukan tak mungkin situasi ini terjadi tanpa disadari STY akibat masukan atau saran pihak ketiga. Sebaiknya STY tidak mengumbar emosi lewat media massa, ingat, saat ini dia bekerja untuk PSSI. Ada etika bekerja antara pemberi kerja dan penerima kerja," tutup Yeyen.

    PSSI sejauh ini masih menunggu kedatangan Tae-yong ke Indonesia, sejak memutuskan pulang ke Korea pada Mei lalu. Namun manajer pelatih Timnas Indonesia itu hingga kini masih belum tiba di Indonesia untuk segera melanjutkan pekerjaannya.

    Pasalnya Tae-yong sudah dinanti sejumlah agenda padat Timnas dari beberapa kelompok usia. Seperti Piala Asia U-16 2020, Piala Asia U-19 2020, Piala AFF 2020, hingga Piala Dunia U-20 2021.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id