comscore

Dulu Nilai Transfernya Selangit, Berapa Harga Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Sekarang?

Friko Simanjuntak - 02 Juli 2022 13:15 WIB
Dulu Nilai Transfernya Selangit, Berapa Harga Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Sekarang?
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (AFP/Josep Lago)
Jakarta: Dalam satu dekade terakhir, nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo seakan mendominasi dunia sepak bola. Kedua pemain tersebut selalu bergantian mencatatkan diri sebagai pemain terbaik dunia.

Rivalitas Messi dan Ronaldo dimulai sejak musim 2008. Mereka berdua memonopoli persaingan mendapatkan trofi individu paling bergengsi di dunia, Ballon d'Or. Total, ada 12 trofi Ballon d'Or yang mereka kuasai selama rentang waktu 2008-2021.
Soal ini, Messi sedikit lebih unggul dari Ronaldo. Messi menyabet trofi bola emas itu sebanyak tujuh kali (2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021). Sementara Ronaldo kebagian lima trofi (2008, 2013, 2014, 2016 dan 2017).

Dengan rentetan prestasi yang mereka catatkan, tak ayal, harga Messi dan Ronaldo meroket. Merujuk data dari laman Transfermarkt, kedua pemain sempat mencatatkan nilai transfer tertinggi pada 2018.

Masih menurut data Transfermarkt, nilai transfer Messi pada 1 Januari 2018 mencapai 198 juta dollar (180 juta euro). Adapun, Ronaldo pada periode yang sama juga mencatatkan nilai transfer tertingginya, yakni 132 juta dollar atau setara 120 juta euro.

Berapa Harga Ronaldo dan Messi Sekarang?

Dulu Nilai Transfernya Selangit, Berapa Harga Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Sekarang?
Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, dominasi kedua pemain diyakini mulai luntur. Tahun 2022 ini, Messi yang tampil kurang meyakinkan bersama klub barunya, Paris Saint Germain diprediksi tidak akan sukses mempertahankan trofi Ballon d'Or yang diraihnya tahun lalu.

Setali tiga uang, Ronaldo yang juga gagal mengangkat performa Manchester United semenjak comeback ke Old Trafford pada awal musim ini juga tidak mungkin merebut kembali trofi yang terakhir diraihnya pada 2017.

Dalam list kandidat terkuat peraih Ballon d'Or 2022 yang dirilis Goal pada Mei 2022, nama Messi dan Ronaldo bahkan tidak masuk dalam 10 besar.

Lima besar pemain yang berpotensi meraih trofi bola emas tahun ini antara lain; Kylian Mbappe (PSG), Robert Lewandowski (Bayern Muenchen), duo Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah, serta striker veteran Real Madrid, Karim Benzema yang sukses membantu El Real merebut trofi La Liga Spanyol dan Liga Champions musim ini.

Kembali ke harga pasar atau nilai transfer terkini dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, klub-klub yang meminati servis kedua pemain kini tidak perlu lagi merogoh kocek dalam untuk merekrut dua pemain yang sempat dijuluki "alien" sepak bola ini.

Melansir data terkini dari Transfermarkt, Messi di usianya yang memasuki 35 tahun, nilai transfernya ditaksir mengalami penurunan hingga menyentuh angka 50 juta euro (Rp779 miliar).

Sementara itu, untuk merekrut Ronaldo yang sudah memasuki usia 37 tahun, klub-klub peminat diyakini hanya butuh mengeluarkan dana 30 juta euro atau setara Rp467 miliar.

Nah, siapa yang tertarik merekrut Ronaldo dan Messi di bursa transfer musim panas ini?

(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id