Terkuak, Alasan Shin Tae-yong Jarang Merotasi Kiper Timnas U-19

    Kautsar Halim - 19 Oktober 2020 18:42 WIB
    Terkuak, Alasan Shin Tae-yong Jarang Merotasi Kiper Timnas U-19
    Shin Tae-yong. (Foto: AFP/Roman Kruchinin)
    Jakarta: Pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong blak-blakan tentang keputusan jarang merotasi kiper dalam skuatnya. Dia mengakui bahwa itu terjadi karena terdapat perbedaan kualitas di antara tiga penjaga gawang yang dibawa.

    "Kami belum bisa merotasi kiper karena ada perbedaan kemampuan," ujar Tae-yong dalam rilis PSSI, Senin (19/10/2020).

    Dari 10 laga uji coba di Kroasia belakangan ini, juru taktik asal Korea Selatan itu kerap menurunkan Muhammad Adi Satryo di bawah mistar gawang. Adi yang juga kiper PSMS Medan hanya absen sekali menjadi starter, yakni ketika kalah 0-1 dari Bosnia-Herzegovina.

    Sejatinya, timnas U-19 masih memiliki kiper Erlangga Setyo dan Yofandani Damai. Tapi, Tae-yong mengatakan keduanya harus lebih giat berlatih lagi agar mendapat kesempatan.

    "Kami memberikan mereka latihan lebih banyak agar kemampuan dan kepercayaan diri mereka naik. Kalau mereka terus bekerja keras, pasti mendapat kesempatan untuk bermain," tutur dia.

    Tae-yong menegaskan bahwa dirinya ingin posisi kiper timnas U-19 lebih kompetitif. Sebab selain soal teknik, pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga melihat ada perbedaan menonjol dari pengalaman para penjaga gawangnya.

    Dibandingkan Erlangga dan Yofandani, Adi memang cukup kenyang dengan laga-laga internasional. Beberapa di antaranya menjadi kiper Indonesia di Piala AFF U-18 (2019) dan memperkuat timnas U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19 (2020).

    Adi pun ikut TC timnas U-19 di Thailand pada awal tahun 2020 dan bahkan sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama timnas senior Indonesia.

    Erlangga Setyo berstatus sebagai jebolan program Garuda Select yang diselenggarakan PSSI. Tapi, dia baru sekali mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U-19 sejak Agustus lalu. 

    Sementara, Yofandani baru didatangkan setelah dua kiper berpengalaman timnas U-19 Ernando Ari Sutaryadi dan Risky Muhammad Sudirman mengalami cedera di tengah-tengah TC Agustus tersebut.

    "Erlangga dan Yofandani memang baru saja bergabung. Kami tidak mau buru-buru menurunkan mereka," tutup Shin.

    Timnas U-19 berada di Kroasia sejak akhir Agustus lalu untuk menjalani pemusatan latihan (TC). Dalam kesempata ini, mereka juga sudah menjalani 10 laga uji coba yang hasilnya empat kali menang, tiga kali seri dan tiga kali kalah. (ANT)


    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id