comscore

Kekalahan Finlandia Bantu Ukraina ke Fase playoff

Antara - 17 November 2021 08:10 WIB
Kekalahan Finlandia Bantu Ukraina ke Fase playoff
Bek Finlandia Leo Vaisanen (kiri) duel dengan penyerang Prancis Kylian Mbappe-Foto AFP/FRANCK FIFE
Jakarta: Tim Nasional Prancis mengubur asa Timnas Finlandia mendapatkan tiket fase playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa setelah meraih kemenangan 0-2  dalam laga pemungkas Grup D di Stadion Olimpiade Helsinki, Finlandia, Rabu 17 Nopember 2021 dini hari WIB.

Kekalahan Finlandia memberi keuntungan bagi Timnas Ukraina, yang dalam pertandingan lain mengalahkan Bosnia-Herzegovina 2-0. Skuat Andriy Shevchenko itu naik ke posisi kedua klasemen akhir Grup D dan merebut jatah playoff.
Finlandia sebetulnya nyaris memimpin semenit jelang turun minum ketika Urho Nissila mengirimkan umpan sepak pojok sempurna ke tengah kotak penalti. Sayang sundulan Leo Vaisanen malah melenceng dari sasaran.

Babak kedua, tepatnya pada menit ke-66 Karim Benzema memecahkan kebuntuan dan membawa Prancis memimpin.

Bola tembakan Benzema terlebih dulu mengenai bek Elfsborg Vaisanen sebelum berbelok dan melesat memperdaya kiper Lukas Hradecky.

Asa Finlandia memperoleh tiket playoff kian tergerus ketika sepuluh menit kemudian giliran Kylian Mbappe yang mencetak gol untuk Prancis. Mbappe memenangi adu lari dengan Vaisanen dari sisi sayap kiri dan menaklukkan Hradecky menggunakan sepakan kaki kanannya.

Bersamaan dengan kegagalan Finlandia memperoleh poin tambahan, Ukraina justru sukses mengalahkan Bosnia dengan skor 2-0 dalam lawatan ke Zenica.

Oleksandr Zinchencko membuka keunggulan Ukraina pada menit ke-59 dengan sontekan jarak dekat memanfaatkan situasi sepak pojok.

Kemudian pada menit ke-79, sebuah serangan balik cepat berujung umpan terobosan dari Mykola Shaparenko yang diselesaikan sempurna oleh Artem Dovbyk untuk melesakkan bola ke pojok kiri bawah gawang tuan rumah.

Prancis yang sudah lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, menutup fase kualifikasi dengan meyakinkan dan menjuarai Grup D dengan raihan 18 poin.

Sementara itu, Ukraina mengumpulkan 12 poin dan mampu menyalip Finlandia (11) untuk finis di posisi kedua serta berhak tampil di fase playoff memperebutkan tiga sisa tiket zona Eropa.

Ukraina baru akan mengetahui lawan mereka di salah satu semifinal playoff pada 26 November nanti, untuk rangkaian pertandingan yang dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan.

Video: Momen Valentino Rossi Berpamitan dengan Para Fans


(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id