comscore

AS Roma Juara Liga Konferensi Eropa

rizkiyanuardi - 26 Mei 2022 04:20 WIB
AS Roma Juara Liga Konferensi Eropa
Skuat AS Roma juara Liga Konferensi Eropa-Foto AFP
Tirana: AS Roma sukses meraih gelar Liga Konferensi Eropa usai mengalahkan Feyenoord Rotterdam dengan skor tipis 1-0 di laga final yang dilangsungkan di Air Albania Stadium, Tirana,, Albania, Kamis 26 Mei 2022 dini hari WIB. Satu-satunya gol klub yang dilatih Jose Mourinho ini dicetak Nicolo Zaniolo pada menit 32.
 
Feyenoord sebenarnya lebih menguasai laga sepanjang laga. Namun, pengalaman lebih berbicara di laga final di kasta ketiga kompetisi Eropa ini. AS Roma yang mengandalkan serangan balik cepat, sukses mempertahankan keunggulannya hingga laga berakhir. Puasa gelar lebih dari 10 tahun seperti terobati untuk fans Roma. Ya, AS Roma terakhir juara di Coppa Italia 2008 lalu.
 
Babak pertama, AS Roma sudah harus kehilangan gelandang kreatifnya Henrikh Mikhitariyan pada menit 17 yang cedera. Allenatore Roma Jose Mourinho, yang dijuluki The Special One, memasukkan Sergio Oliveira menggantikan Miki.

Terus menekan, Feyenoord belum mampu membongkar pertahanan AS Roma. Dan, lewat skema serangan balik, gol AS Roma tercipta.
Berawal dari pergerakan Zainolo ke dalam kotak penalti Feyenoord yang mendapat umpan manis Gianluca Mancini. penyerang Giallorossi itu sukses menceploskan bola usai mengontrol bola dengan dadanya. Lewat sontekan kaki kiri Zaniolo menaklukkan kiper Feyenoord Justin Bijlow pada menit ke 32. Skor 1-0 untuk AS Roma.
 
Feyenoord sempat membalas lewat sepakan keras beberapa menit kemudian, namun bola masih bisa dikuasai Rui Patricio, meski bola sempat tidak lengket di pelukannya. Skor tak berubah.
 
Di sisa waktu tak ada gol lagi tercipta di final kasta ketiga kompetisi Eropa ini. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.
 
Babak kedua, Feyenoord yang tertinggal tetap berinisiatif menyerang da berusahan mencari gol penyama kedudukan.

Laga berjalan lima menit, Feyenoord mendapat peluang bagus lewat kaki Dessers. Sayang sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa diselamatakan Rui dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Feyenoord terus menekan, namun belum ada gol balasan diciptakan klub Eredivisie ini. Pergerakan pemain Feyenoord Luke Nelson cukup merepotkan lini pertahanan AS Roma di menit awal usai jeda.

Dessers kembali mendapat kans pada menit 60. Peluangnya tersebut masih bisa digagalkan Ibanez yang melakukan tackle menawan di dalam kotak penalti AS Roma.

Menit 74, lewat sepak pojok AS Roma berpeluang mencetak gol tambahan. Dari sebuah kemelut, tendangan pemain pengganti Veretout dari luar kotak penalti masih bisa dimentahkan Bijlow.

Beberapa kali mengurung lini pertahanan AS Roma, namun wakil Belanda tersebut belum mampu membongkar tembok kokoh anak asuh Mourinho tersebut.

Saat pemain Feyenoord dilanda frustrasi, AS Roma nyaris memperbesar keunggulan lewat aksi Pellegrini pada menit 86. Namun tembakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih bisa diblok Bijlow.

Hingga sisa waktu, tak ada gol lagi tercipta. Skor 1-0 tetap untuk keunggulan AS Roma. Roma juara pada edisi pertama Liga Konferensi Eropa musim 2021--2022 (dulu bernama Piala Intertoto, red), meski di Liga Italia hanya mampu finis di posisi 6.

AS Roma juara lewat pengalaman Mourinho di final kompetisi Eropa. Mou tetap layak dijuluki The Special One. Tercatat Mourinho sukses merengkuh sejumlah gelar di daratan Eropa bersama FC Porto (juara UEFA 2003 dan juara Liga Champions 2004), Inter Milan (juara Liga Champions 2010) dan Manchester United (juara UEFA 2017).

Susunan pemain kedua kesebelasan:
AS Roma (3-4-3): 1-Rui Patricio, 6-C. Smalling, 2-R. Karsdorp, 23-G. Mancini, 3-Ibanez, 59-N. Zalewski, 77-H. Mkhitaryan, 4-B. Cristante, 7-L. Pellegrini, 22-N. Zaniolo, 9-T. Abraham. Pelatih: Jose Mourinho

Feyenoord (4-2-3-1): 1-J. Bijlow, 18-G. Trauner, 5-T. Malacia, 4-M. Senesi, 3-    L. Geertruida, 17-F. Aursnes, 26-G. Til, 10-O. Kokçu, 33     C. Dessers, 14-R. Nelson, 7-    L. Sinisterra. Pelatih: A. Slot

(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id