Euro 2020

    Euro 2020: Diwarnai Kegagalan Penalti Bale, Wales Bungkam Turki

    Medcom - 17 Juni 2021 01:08 WIB
    Euro 2020: Diwarnai Kegagalan Penalti Bale, Wales Bungkam Turki
    Connor Roberts- Foto: AFP/DAN MULLAN



    Jakarta: Turki harus menelan kekalahan keduanya di ajang Euro 2020. Melawan Wales di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Kamis 17 Juni dini hari WIB, anak asuh Senol Gunes harus takluk lewat gol Aaron Ramsey di penghujung babak pertama dan gol Connor Roberts di babak kedua.

    Bermain di Grup B, Turki yang kalah 3-0 di laga pembuka melawan Italia, diprediksi bakal menyerang karena mengejar kemenangan untuk memelihara peluang lolos ke babak 16 besar. Nyatanya, Wales yang pada laga melawan Swiss lebih banyak bertahan, kontra Turki Gareth Bale dan kawan-kawan lebih memiliki kreasi serangan.

     



    Dimotori Bale dan Aaron Ramsey, Wales lebih menguasai lapangan lewat tusukan-tusukan dari sayap. Peluang langsung didapat Ramsey di menit ke 6. Mendapat sodoran dari Bale, Ramsey merangsek masuk ke dalam kotak penalti. Sayang upayanya masih digagalkan kaki kiper Turki Ugurcan Cakir.

    Skuat Ay Yildizlilar dan The Dragons berbalas peluang. Sundulan Kieffer Moore menyambut umpan matang James pada menit ke-13 masih berada di atas mistar gawang. Turki membalas lewat upaya Cengiz Under, namun masih digagalkan Danny Ward lewat sundulan.

    Ramsey kembali mendapat peluang emas di menit 24. Pergerakannya ke jantung pertahanan Turki dimanjakan umpan matang Bale. Sayang sepakan kerasnya di mulut gawang masih melambung di atas mistar. Tampaknya Robert Page, pelatih Turki geregetan dan mulai bangkit dari bench.

    Turki perlahan mulai berani memainkan bola. Hanya saja motor lini tengah mereka Hakan Calhanglu bermain kurang masksimal. Kerap umpan pemain tengah Turki bisa dipotong para pemain Wales.

    Ramsey akhirnya tak membuang kesempatan ketiganya. Berlari ke tengah jantung pertahanan Turki tanpa pengawalan, umpan matang Bale dikontrol dengan dadanya sebelum melakukan sepakan kaki kanan yang mengecoh Calir. Skor 0-1 tercipta di menit 43. Hingga turun minum, skor tetap 0-1 untuk Wales.

    Babak kedua, Turki yang mengejar defisit gol berupaya meningkatkan pola serangan. Dua kali peluang didapat Burak Yilmaz, namun peluang tersebut gagal dimanfaatkan menjadi gol penyama kedudukan.

    Menit ke-61, Wales berpeluang memperbesar keunggulan usai Bale dijatuhkan di kotak terlarang. Sialnya, hadiah penalti yang diberikan wasit justru disia-siakan oleh pemain Real Madrid tersebut. Sepakan Bale masih melambung di atas mistar.

    Kiper Wales Ward di pengujung babak kedua menyelamatkan gawangnya dari kebobolan setelah sundulan Merih Demiral masih bisa dihalaunya.

    Sempat terjadi insiden kecil yang melibatkan pemain kedua tim. Berawal dari kemelut di depan gawang Ward, Yilmaz terlibat insiden dengan sejumlah pemain Wales. Wasit Artur Dias asal Portugal pun menghadiahi pemain dengan kartu kuning. Memanas di pengujung laga.

    Wales yang mendapat sepak pojok di pengujung laga, Bale yang mendapat bola langsung memberikan kepada Connor Robert yang sukses mengecoh Cakir untuk kali kedua. Skor 0-2 menjadi skor akhir. Karena hingga wasit meniup peluit panjang skor tidak berubah. Bale bermain sangat baik di laga kali ini.

    Bagi Wales, kemenangan ini sekaligus membuka peluang lolos ke babak berikutnya. Gareth Bale dan kawan-kawan masih harus bersaing dengan Italia dan Swiss, yang  baru akan memainkan matchday ke-2, beberapa saat usai laga Turki vs Wales.

    Sementara bagi Turki, kekalahan ini semakin mempertipis peluang mereka lolos ke babak 16 besar. Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan kini harus berdoa agar Swiss kalah dari Italia, dan memenangi pertandingan terakhir kontra Swiss, demi menjaga asal lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

    Susunan pemain kedua kesebelesan:

    Turki: Ugurcan Cakir; Mehmet Zeki Celik, Kaan Ayhan, Caglar Soyuncu, Umut Meras; Okay Yokuslu; Kenan Karaman, Hakan Calhanoglu, Ozan Tufan, Cengiz Under; Burak Yilmaz

    Wales: Danny Ward; Connor Roberts, Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Joe Allen; Gareth Bale, Joe Morrell, Aaron Ramsey, Daniel James, Kieffer Moore

    Video: Update Kondisi Christian Eriksen


    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id