9 Klub Pendiri Liga Super Eropa Kena Denda Rp257 Miliar

    Kautsar Halim - 08 Mei 2021 16:55 WIB
    9 Klub Pendiri Liga Super Eropa Kena Denda Rp257 Miliar
    Presiden UEFA Aleksander Ceferin. (Fabrice COFFRINI / AFP)



    Jakarta: UEFA sudah mengumumkan sanksi untuk sembilan klub pendiri Liga Super Eropa atau kompetisi tengah pekan yang rencananya bakal menjadi tandingan Liga Champions. Namun, hukuman tersebut hanya berupa denda senilai 15 juta euro (sekitar Rp257 miliar).

    Sembilan klub tersebut adalah Arsenal, AC Milan, Atletico Madrid, Chelsea, Inter Milan, Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Tottenham Hotspur. Mereka artinya lolos dari ancaman larangan tampil di semua kompetisi resmi UEFA.

     



    Nantinya, uang hasil pembayaran denda akan disalurkan UEFA untuk pengembangan sepak bola akar rumput hingga remaja di komunitas lokal seantero Eropa, termasuk Inggris. 

    Kemudian, pemasukan sembilan klub itu dari kompetisi UEFA juga akan dikurangi lima persen yang kemudian bakal dibagikan ulang kepada klub-klub lain. Sembilan klub tersebut juga dipastikan kembali bergabung dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA). 

    "Saya sudah bilang di Kongres UEFA dua pekan lalu bahwa butuh organisasi kuat untuk mengakui kesalahan, terlebih di era sekarang yang kerap mendapat peradilan oleh massa di media sosial. Lalu, klub-klub ini sudah melakukannya," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin dalam laman resmi organisasi itu.

    "Saya tegaskan bahwa denda yang dilakukan memang signifikan, tetapi dana yang masuk tidak akan diterima UEFA. Semuanya akan diinvestasi ulang untuk sepak bola usia dini dan akar rumput di seluru Eropa," tambahnya.

    Sedangkan tiga klub lainnya, Real Madrid, Barcelona dan Juventus yang hingga saat ini belum menyatakan mundur dari Liga Super Eropa terancam hukuman yang lebih berat. Namun, sanksinya belum ditentukan oleh UEFA. (ANT)


    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id