comscore

Ronaldo, Messi, dan Mereka yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia

Patrick Pinaria - 06 April 2022 22:10 WIB
Ronaldo, Messi, dan Mereka yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia
Momen saat Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan) berjumpa di laga persahabatan antara Portugal kontra Argentina (Foto: AFP/Paul Ellis)
Jakarta: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kembali menuai catatan impresif. Kali ini, keduanya berhasil mencapai Piala Dunia kelima dalam karier mereka. Kepastian itu didapat Ronaldo dan Messi usai keduanya membantu negara mereka, Portugal dan Argentina lolos ke Piala Dunia 2022

Sebuah pencapaian yang luar biasa. Sebab, sangat jarang pemain yang bisa tampil di lima edisi Piala Dunia.
Sebelum Ronaldo dan Messi, hanya ada empat pemain yang bisa bermain di lima edisi Piala Dunia. Siapa saja mereka? 

Baca: 6 Fakta Piala Dunia 2022, Kutukan Juara Bertahan Hingga Potensi Rekor Messi dan Ronaldo 

Berikut pemain-pemain yang tampil di lima edisi Piala Dunia:

1. Antonio Carbajal

Ronaldo, Messi, dan Mereka yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia
Antonio Carbajal (Foto: La Liga)

Antonio Carbajal menjadi pemain pertama yang merasakan lima edisi Piala Dunia dalam sejarah sepak bola. Ia merupakan kiper timnas Meksiko pada era 1950-an.

Carbajal memulai debut di Piala Dunia pada 1950. Kemudian, ia tampil di Piala Dunia 1954, 1958, 1962, dan 1966.

Dari kelima edisi Piala Dunia yang diikutinya, Carbajal mencatatkan 11 penampilan bersama timnas Meksiko. Selama itu, ia tercatat 25 kali kebobolan.

2. Lothar Matthaus

Ronaldo, Messi, dan Mereka yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia
Lothar Matthaus (Foto: AFP/Ina Fassbender)

Rekor Carbajal berhasil disamai legenda Jerman Lothar Matthaus. Pemain berposisi gelandang tersebut juga tampil di lima edisi Piala Dunia secara beruntun. Tepatnya pada Piala Dunia 1982 hingga Piala Dunia 1998.

Namun, jumlah penampilan Matthaus di lima edisi Piala Dunia jauh lebih banyak ketimbang Carbajal. Jika ditotal, Matthaus telah tampil di 25 pertandingan Piala Dunia. Ia juga sukses membawa Jerman meraih gelar Piala Dunia pada 1990.

3. Gianluigi Buffon

Ronaldo, Messi, dan Mereka yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia
Gianluigi Buffon (Foto: AFP/Jonathan Nackstrand)

Buffon juga menjadi salah satu pemain yang pernah tampil di lima Piala Dunia. Ia memulai debut di Piala Dunia pada 1998. Kemudian, Buffon dipercaya tampil di Piala Dunia 2002, 2006, 2010, hingga 2014.

Dalam periode itu, Buffon dipercaya tampil di 14 pertandingan Piala Dunia. Ia juga sukses membantu Azzurri meraih gelar Piala Dunia 2006.

4. Rafael Marquez

Ronaldo, Messi, dan Mereka yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia
Rafael Marquez (Foto: AFP/Paul Vernon)

Setelah Buffon, rekor tampil di lima edisi Piala Dunia juga berhasil diraih legenda Meksiko Rafael Marquez. Piala Dunia 2002 menjadi edisi pertama yang dirasakan Marquez. Hingga akhirnya, Marquez berhasil mencapai edisi kelima Piala Dunia pada 2018. 

Secara keseluruhan, Marquez berhasil membuat 19 penampilan dan 3 gol di Piala Dunia. Namun, ia tidak pernah mencicipi satu gelar pun di turnamen empat tahunan itu.

5. Lionel Messi

Ronaldo, Messi, dan Mereka yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia
Lionel Messi (Foto: AFP/Franklin Jacome)

Messi menjadi pemain yang juga berhasil meraih lima edisi Piala Dunia pada era sekarang. Kepastian itu didapatnya setelah berhasil membawa timnas Argentina lolos ke Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar pada November hingga Desember mendatang.

Sebelumnya, Messi sudah tampil di empat Piala Dunia. Dimulai dari 2006, 2010, 2014, hingga 2018. Selama itu, ia membuat 19 penampilan dan enam gol di Piala Dunia.

Namun, Messi sejauh ini belum mampu membawa Argentina meraih gelar Piala Dunia. Pencapaian terbaiknya adalah membawa La Albiceleste menjadi runner-up di Piala Dunia 2014.

6. Cristiano Ronaldo

Ronaldo, Messi, dan Mereka yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia
Cristiano Ronaldo (Foto: AFP/Miguel Riopa)

Ronaldo menjadi nama terakhir yang sukses mencapai lima edisi Piala Dunia, menyusul Lionel Messi. Bersama Messi, Ronaldo akan memainkan edisi kelimanya di Piala Dunia pada 2022.

Bukan perjalanan mudah bagi Ronaldo bisa mencapai Piala Dunia 2022. Sebab, ia bersama Portugal harus melewati babak play-off di Kualifikasi Piala Dunia terlebih dulu. 

Hingga akhirnya, Ronaldo berhasil membawa Portugal lolos ke Piala Dunia usai mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 2-0 di babak final play-off, 30 Maret 2022.

Sebelumnya, Ronaldo sudah tampil di empat edisi Piala Dunia, yakni pada 2006, 2008, 2010, 2014, dan 2018. Dari keempat edisi tersebut, Ronaldo sudah membuat 17 penampilan.

Dalam periode tersebut, ia mencetak tujuh gol di turnamen empat tahunan itu. Keempat gol di antaranya berhasil dicetak Ronaldo di Piala Dunia 2018. Pada edisi itu pula ia berhasil mencetak hattrick saat menghadapi Spanyol pada laga perdana penyisihan grup.

(PAT)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id