Striker Legendaris Jepang Masih Merumput Hingga Usia 54 Tahun

    Kautsar Halim - 11 Januari 2021 16:28 WIB
    Striker Legendaris Jepang Masih Merumput Hingga Usia 54 Tahun
    Kazuyoshi Miura (kanan). (STR / JIJI PRESS / AFP)
    Jakarta: Kazuyoshi Miura yang merupakan pencetak gol tertua dalam sejarah sepak bola Jepang bakal tetap membela Yokohama FC pada musim 2021. Itu diumumkan klubnya setelah menyepakati memperpanjang kontrak selama semusim pada Senin 11 Januari.

    Miura yang dijuluki ‘Raju Kazu’ akan genap berusia 54 tahun pada 26 Februari atau sehari sebelum kick-off musim baru J.League 2021. Laga itu akan mengawali musim ke-17 bersama Yokohama FC yang sudah dibelanya sejak 2005 silam.

    Mantan striker Jepang itu mencetak gol saat melawan Thespakusatsu Gunma pada 2017 di divisi kedua Jepang sehingga menjadi pesepak bola tertua dalam sepak bola profesional Jepang yang mencetak gol di usia 50 tahun 14 hari.

    Tahun 2021 akan menjadi musim ke-36 bagi Miura sebagai pemain profesional yang mengawali kariernya bersama klub Brasil Santos pada 1986 silam. Dia merupakan salah satu olahragawan yang paling dihormati di Jepang sejak sepak bola mulai populer pada awal 1990-an.

    Miura sempat mengantarkan Verdy Kawasaki menjuarai liga domestik pada 1993 dan 1994 sebelum pindah ke Italia selama semusim untuk memperkuat klub Serie A Genoa. Selain membela sejumlah klub Jepang, dia juga pernah melanglang buana ke Kroasia dan Australia.

    Miura ikut membantu Jepang menjuarai Piala Asia pada 1992, namun absen saat Samurai Biru melakoni debut putaran final Piala Dunia di Prancis pada 1998. Tercatat dalam 89 laga membela Jepang, Miura mampu mengoleksi 55 gol.

    Yokohama FC juga sukses diantarkannya menjadi tim promosi liga utama Jepang pada akhir musim 2019. Tapi di sepanjang musim 2020, Miura hanya tampil empat kali. (ANT)


    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id