comscore

Copa America: Gol Tunggal Paqueta Bawa Brasil ke Semifinal

Kautsar Halim - 03 Juli 2021 10:30 WIB
Copa America: Gol Tunggal Paqueta Bawa Brasil ke Semifinal
Selebrasi gol para pemain Brasil. (MAURO PIMENTEL / AFP)
Jakarta: Brasil berhasil mengalahkan Cile dengan skor tipis 1-0 pada perempat final Copa America 2021 di Estadio Nilton Santos, Rio de Janeiro. Gol semata wayang itu dicetak oleh Lucas Paqueta sebelum akhirnya Brasil tampil dengan 10 pemain.

Chile tampil lebih agresif ketika kick-off babak pertama dimulai hingga memaksa tuan rumah bertahan. Sebastian Vargas langsung mendapat peluang emas pada menit ke-10, tetapi bola tendangan jarak jauhnya masih mengarah tepat ke jangkauan kiper Brasil, Ederson Moraes.
Brasil balik mengancam lima menit berselang. Kali ini, giliran tendangan jarak jauh Richarlison yang digagalkan kiper Cile, Claudio Bravo. Menginjak menit ke-22, tuan rumah nyaris mencetak gol tendangan voli Roberto Firmino melenceng dari gawang.

Gabriel Jesus mendapat kans emas dua menit sebelum babak pertama berakhir. Menerima umpan dari Neymar, penyerang Manchester City itu melepaskan tembakan yang masih bisa digagalkan Bravo. Skor tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Brasil memulai babak kedua dengan baik setelah pemain pengganti Lucas Paqueta membobol gawang Chile di menit ke-48. Menerima bola sodoran Neymar, Paqueta mengecoh bek Cile sebelum membobol gawang Bravo.
 
 


Tapi berselang dua menit kemudian, tim Samba harus bermain dengan 10 pemain karena Gabriel Jesus mengarahkan tendangannya ke Eugenio Mena dan diganjar kartu merah oleh wasit. Sayangnya, keuntungan jumlah pemain belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Cile.

Cile memang menggempur Brasil ketika diuntungkan dengan jumlah pemain. Mauricio Isla bahkan sempat mencetak gol pada menit ke-62 usai menyambut tendangan bebas Charles Aranguiz. Tapi, gol tersebut dianulir karena hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Berselang lima menit kemudian, Charles Mena juga nyaris menyamakan kedudukan lewat tandukannya yang membentur mistar gawang Brasil. Kemudian, ada peluang dari Jean Meneses pada menit ke-78 yang ditepis kiper Ederson. Skor 1-0 untuk tuan rumah tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

Selanjutnya, Neymar dan kawan-kawan akan menghadapi Peru di semifinal, Selasa 6 Juli pukul 06.00 pagi WIB. Peru melewati perempat final setelah menang dramatis lewat adu penalti atas Paraguay.

Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Ederson Moraes; Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Renan Lodi (Eder Militao 90'); Casemiro, Fred; Gabriel Jesus, Neymar, Richarlison (Everton 90'); Roberto Firmino (Lucas Paqueta 46'). 

Cile (5-3-2): Claudio Bravo; Eugenio Mena, Sebastian Vegas (Carlos Palacios 64'), Gary Medel, Francisco Sierralta, Mauricio Isla; Charles Aranguiz, Erick Pulgar (Jean Meneses 77'), Arturo Vidal; Eduardo Vargas, Alexis Sanchez (Ben Breton 46'). 


(KAH)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id