Euro 2020: Tekuk Finlandia, Rusia Ramaikan Persaingan Grup B

    Medcom - 16 Juni 2021 22:49 WIB
    Euro 2020: Tekuk Finlandia, Rusia Ramaikan Persaingan Grup B
    Aleksei Miranchuk: Foto: AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV



    Jakarta: Tim Beruang Merah Rusia berhasil memelihara asa mereka lolos setelah mengalahkan tamunya Finlandia di matchday 2 Grup B Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia, Rabu 16 Juni 2021.

    Gol semata wayang pasukan Stanislav Cherchesov itu dicetak lewat Aleksei Miranchuk di masa injury time babak pertama. Kemenangan tersebut menghidupkan kembali peluang Rusia lolos. Di laga terakhir, Rusia akan menghadapi Denmark, lawan yang lumayan berat.

     



    Rusia memang layak menang. Mereka menguasai jalannya laga dan memiliki lebih banyak peluang. Ada kekhawatiran di pertahanan sepanjang pertandingan, tetapi pertahanan yang bagus dan beberapa penyelamatan kiper Safonov, membuat clean sheet pada start pertamanya untuk tim nasional.

    Di awal laga, Finlandia sempat mengejutkan publik tuan rumah Rusia lewat gol sundulan Joel Pohjanpalo di menit empat. Sayangnya, usai melihat VAR, wasit Danny Makkelie dari Belanda melihat Pohjanpalo dalam posisi offside.

    Rusia langsung merespons dan membangun serangan dari segala arah. Magomed Ozdoev mendapat peluang emas mencetak gol ke gawang Finlandia, tapi bola melambung ke atas gawang. Kemudian peluang juga didapat Artem Dzyuba. Sayang sepakan striker Rusia itu masih membentur mistar gawang Finlandia yang dijaga Lukas Hradecky.

    Setelahnya, kedua tim silih berganti melakukan serangan. Tuan rumah Rusia berusaha menang guna menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya. Sementara Finlandia berupaya menyegel satu tempat di babak 16 besar.

    Di masa babak tambahan waktu, Rusia akhirnya bisa mencetak gol lewat sepakan kaki kiri Aleksey Miranchuk, memanfaatkan umpan Dzyuba. Hingga jeda turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Rusia.

    Babak kedua, Finlandia mulai keluar menyerang guna mendapatkan gol. Peluang didapat Pukki di awal babak kedua, tapi sepakannya masih mengarah tepat ke pelukan kiper.

    Sementara pelatih Rusia Cherchesov mulai menginstruksikan para pemainnya lebih mengandalkan serangan balik cepat. Aleksandr Golovin bahkan mempunyai peluang emas, namun bola masih menyamping tipis dari gawang Finlandia.

    Kesempatan menambah gol di akhir pertandingan diperoleh Rifat Zhemaletdinov. Hanya saja masih gagal memanfaatkan peluang menjadi gol. Hingga peluit akhir, skor tak berubah untuk kemenangan Rusia.

    Kemenangan ini membuat persaingan di Grup B semakin sengit. Belgia masih memimpin Grup B dengan poin 3, diikuti Finlandia (poin 3), Rusia (3) serta Denmark (0). Di laga selanjutnya, Rusia akan berhadapan dengan Denmark, sedangkan Finlandia berjumpa Belgia. Klasemen Grup B bisa berubah karena Belgia vs Denmark baru memainkan laga keduanya Kamis malam.

    Susunan pemain kedua kesebelasan:

    Finlandia: Hradecky; O'Shaughnessy, Arajuuri, Toivio; Uronen, Kamara, Sparv, Lod, Raitala; Pukki, Pohjanpalo. Pelatih Markku Kanerva

    Rusia: Shunin; Barinov, Dzhikiya, Semenov; Mário Fernandes, Zobnin, Ozdoev, Karavaev; Miranchuk, Golovin; Dzyuba. Pelatih Stanislav Cherchesov

    Video: Update Kondisi Christian Eriksen


    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id