comscore

10 Legenda Sepak Bola yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan

Friko Simanjuntak - 07 Juli 2022 09:48 WIB
10 Legenda Sepak Bola yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan
Roberto Bagio. (Foto: AFP/Kazuhiro Nogi)
Jakarta: Selama bertahun-tahun, kita telah melihat banyak klub memensiunkan nomor punggung para pemain legendanya. Ini sebagai bentuk penghormatan tertinggi buat para pemain yang telah setia, memberikan penampilan terbaik buat klub dan juga menjadi favorit penggemar.

Sejauh ini, memang tidak banyak klub yang rela memensiunkan nomor punggung, apalagi nomor-nomor ikonik yang biasanya jadi rebutan para pemain. Namun, ada juga yang berani melakukannya setelah mempertimbangkan kontribusi sang pemain.
Siapa sajakah pemain yang berhasil membuat klub rela memensiunkan nomor punggungnya? Berikut, 10 pemain yang nomor punggungnya dipensiunkan oleh klub:

1. Raul Gonzalez (Schalke #7)

Raul Gonzalez lebih banyak dikenal sebagai legenda Real Madrid lantaran mengabdi selama 15 tahun dan memberikan berbagai gelar juara untuk klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Namun, penghargaan tertinggi untuk Raul justru diberikan oleh klub Jerman, Schalke 04, kendati Raul hanya menghabiskan dua musim untuk The Royal Blues (2010-2012) dengan koleksi 40 gol.

Keputusan manajemen Schalke memensiunkan nomor punggung 7 yang dikenakan Raul sempat mendapat kritikan. Salah satunya datang dari dua pemain legendaris Schalke, Olaf Thon dan Ingo Anderbrugge. Mereka tidak setuju dengan keputusan tersebut lantaran menilai, Raul tidak memberikan gelar apapun untuk Schalke dan pemain Spanyol tersebut baru bergabung dengan Schalke di penghujung karier sepakbolanya.

2. Diego Maradona (Napoli #10)

Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah menghiasi lapangan sepak bola, Diego Armando Maradona adalah seorang superstar di klub Serie A Napoli selama tujuh tahun (1984 -- 1991).

Mengenakan jersey nomor 10, Maradona bisa dikatakan seorang diri mendongkrak performa Napoli yang dibawanya merebut trofi scudeto perdana pada 1986 -- 1987.

Secara total, Maradona membantu Napoli meraih lima trofi juara, meskipun ia meninggalkan klub dengan cara yang tidak diinginkan setelah menjalani larangan 15 bulan karena gagal dalam tes narkoba untuk penggunaan kokain.

Di luar kontroversi sang superstar, Napoli tetap menunjukkan rasa terima kasihnya kepada Maradona dengan bentuk memensiunkan jersey nomor 10.

3. Pele (New York Cosmos #10)

Secara luas dianggap sebagai pesepak bola terhebat yang pernah ada, Pele sangat dihormati oleh New York Cosmos di mana ia menghabiskan dua tahun terakhir dalam karier sepakbolanya.

"The Black Pearl" membentuk reputasinya sebagai pemain terbaik dunia bersama klub masa kecilnya Santos. Di klub Brasil itu, Pele mengabdi selama hampir dua dekade (1956 -- 1974), dengan koleksi 618 gol dari 636 laga.

Popularitas dan reputasi Pele kian meroket saat memutuskan berkarier di Amerika Serikat bersama klub New York Cosmos (1975-1977). Pele membuat 107 penampilan dengan mencetak 64 gol untuk Cosmos.

Setelah Pele memutuskan pensiun pada Oktober 1977, New York Cosmos mempensiunkan jersey #10 sebagai bentuk penghormatan kepada peraih tiga trofi Piala Dunia itu. Cosmos dibubarkan pada tahun 1985 dan kembali didirikan pada tahun 2010.

4. Javier Zanetti (Inter Milan #4)

Javier Zanetti adalah salah satu pemain Inter Milan yang paling dipuja dalam dua dekade terakhir. Selama masa baktinya (1995 -- 2014), Zanetti menjadi pemain vital bagi Inter Milan.

Kapten Inter dari tahun 1999 hingga 2014 ini memainkan 615 laga (12 gol) dan menyumbangkan 16 trofi juara selama 19 tahun di Giuseppe Meazza.

Atas jasa besar Zanetti, Presiden klub Inter saat itu, Erick Thohir mengumumkan memensiunkan jersey nomor 4 pada 2014. Tak hanya itu, Zanetti juga diangkat menjadi Wakil Presiden klub sebagai bentuk penghormatan.
 

Halaman Selanjutnya
  5. Bobby Moore (West…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id