comscore

4 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste

Patrick Pinaria - 10 Mei 2022 15:32 WIB
4 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste
Suasana latihan timnas Indonesia U-23 jelang menghadapi Timor Leste U-23 (Dok. PSSI)
Jakarta: Timnas Indonesia U-23 tampaknya bakal lebih percaya diri ketika menghadapi Timor Leste U-23 pada laga kedua penyisihan Grup A cabor sepak bola SEA Games 2021, Selasa, 10 Mei 2022. Bisa jadi kepercayaan diri itu muncul karena Garuda Muda punya rekor impresif selama berjumpa dengan Timor Leste.

Menukil statistik dari Soccerway, Indonesia U-23 sudah berjumpa dengan Timor Leste U-23 sebanyak empat kali di seluruh ajang. Dari total pertemuan tersebut, Indonesia belum pernah terkalahkan dari Timor Leste.
Tiga pertemuan di antaranya berhasil dimenangkan Indonesia. Sedangkan satu pertandingan lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Baca: Jadwal Pertandingan dan Link Live Streaming Indonesia U-23 vs Timor Leste U-23 

Sebelum menyaksikan serunya pertandingan nanti, ada baiknya mengetahui fakta-fakta mengenai laga Indonesia U-23 vs Timor Leste U-23. Berikut ini yang sudah dirangkum Medcom.id:

1. Kedua tim sama-sama sedang terluka

Indonesia U-23 dan Timor Leste U-23 sebetulnya sedang dalam kondisi terluka. Sebelum saling bersua, kedua tim sama-sama menelan kekalahan.

Kekalahan dialami Indonesia U-23 saat menghadapi Vietnam U-23 pada laga perdana penyisihan Grup A, Jumat, 6 Mei 2022. Tanpa ampun, Garuda Muda dihajar tuan rumah dengan skor telak 0-3.

Nasib Timor Leste lebih buruk lagi. Mereka malah sudah kalah dalam dua pertandingan di babak penyisihan Grup A ini. 

Pada laga pertama, Timor Leste dihajar Filipina U-23 dengan skor telak 0-4. Kemudian, mereka kembali menelan kekalahan dari Myanmar U-23 dengan skor 2-3 pada laga kedua.

2. Pertemuan ketiga Indonesia U-23 vs Timor Leste U-23

Laga pada malam nanti menjadi pertemuan ketiga Indonesia U-23 dan Timor Leste U-23 dalam sejarah SEA Games. Sebelumnya, kedua tim berjumpa sebanyak dua kali, yakni pada 2017 dan 2013.

Dari dua pertemuan tersebut, Indonesia U-23 tidak terkalahkan. Satu pertandingan berhasil dimenangi Indonesia U-23. Sedangkan satu laga sisanya berakhir dengan hasil imbang.

3. Skuat Timor Leste diisi dengan mayoritas pemain di Piala AFF 2020

Skuat Timor Leste U-23 dipenuhi dengan mayoritas pemain yang bermain untuk timnas senior Timor Leste di Piala AFF 2020. Sebanyak 75 persen pemain yang berlaga di turnamen tersebut dibawa pada ajang SEA Games 2021.

Jika dihitung, hanya ada lima pemain baru yang dipanggil bergabung Timor Leste U-23. Kelima pemain tersebut di antaranya, Zenivio, Aleksandro Kefi, Natalino da Costa, Elias Mesquita, dan Joao Halle.

4. Prestasi kedua tim di SEA Games

Timnas Indonesia sudah mengikuti ajang SEA Games sebanyak 22 kali. Dalam jumlah partisipasi mereka di ajang tersebut, skuat Merah Putih sudah menghasilkan dua medali emas, lima medali perak, dan tiga perunggu.

Sementara itu, Timor Leste baru berpartisipasi di SEA Games sebanyak enam kali. Dari jumlah penampilan itu, mereka tidak pernah meraih medali satu pun. Pahitnya, Timor Leste selalu tersingkir di penyisihan grup.

(PAT)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id