Southgate Bangga dengan Reaksi Bellingham ketika Mendapat Serangan Rasial

    Kautsar Halim - 03 September 2021 21:03 WIB
    Southgate Bangga dengan Reaksi Bellingham ketika Mendapat Serangan Rasial
    Jude Bellingham. (Ina Fassbender / AFP)



    Jakarta: Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate memuji sikap Jude Bellingham yang mendapatkan pelecehan rasial saat menghadapi Hungaria pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Menurutnya, Bellingham bereaksi cukup dewasa dengan tidak terpancing emosi.

    Seperti dilansir Sky Sports, Inggris menghadapi Hungaria di Stadion Puskas Arena pada Jumat 3 September dini hari WIB. Saat itu, suporter tuan rumah sudah menunjukkan sikap tidak menyenangkan sebelum kick-off atau ketika para pemain Inggris melakukan aksi berlutut sebagai simbol protes rasialisme.

     



    Jalannya babak pertama berlangsung lancar tanpa adanya aksi rasial yang mencolok dan kedudukan pun bertahan 0-0 hingga turun minum. Namun setelah Inggris secara bertahap memberondong gawang Hungaria pada babak kedua, suporter tuan rumah makin beringas dengan menjadikan Raheem Sterling dan Belingham sebagai target utama serangan rasial.  

    "Sikapnya (Bellingham) fantastis, menunjukan kedewasaannya, dan saya tahu orang-orang keamanan kami sudah berbicara kepada dia sejak pertandingan tersebut untuk mendapatkan penjelasan mengenai masalah itu," kata Southgate.

    "Kami tidak ingin melihatnya. Semua orang tahu itu (pelecehan rasial) dan tidak dapat diterima. Dia menunjukkan kedewasaan yang luar biasa dalam permainan, bagaimana dia menghadapinya," tambahnya.

    Lebih lanjut, pelatih timnas Inggris itu mengungkapkan FIFA menganggap serius kasus yang diterima oleh anak-anak asuhnya dan sedang menginvestigasi lebih jauh. Dia yakin, FIFA bisa 
    mengumpulkan bukti dari pelecehan rasial yang diterima Bellingham.

    "(FIFA) telah menanggapi pertandingan ini dengan sangat serius, mereka memperhitungkan segalanya. Saya tidak benar-benar memahami semua proses itu (apakah FA akan mengajukan keluhan). Saya yakin (FIFA) akan mengumpulkan bukti dari berbagai sumber," tutup Southgate.

    Meski mendapat serangan rasialisme, para pemain Inggris tetap berada di lapangan dan melanjutkan permainan. Mereka akhirnya menang 4-0 dan mengokohkan diri sebagai pemuncak klasemen sementara Grup I dengan koleksi 12 poin dari empat laga. (ANT)

    Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id