comscore

Widodo C. Putro Sebut Indonesia Harus Beradaptasi, Bukan Menjiplak

Gregorius Gelino - 21 Mei 2022 13:48 WIB
Widodo C. Putro Sebut Indonesia Harus Beradaptasi, Bukan Menjiplak
Mantan penyerang timnas Indonesia, Widodo C. Putro (dok. Metro TV)
Jakarta: Mantan striker timnas Indonesia, Widodo C. Putro, buka suara soal kondisi timnas saat ini. Menurutnya, Indonesia perlu menerapkan filosofi mereka sendiri dan bukannya menjiplak filosofi negara lain.

Belakangan ini, PSSI mencoba merumuskan dasar filosofi sepak bola Indonesia lewat Filanesia. Mereka mencoba menerapkan gaya main atraktif dengan pressing tinggi ala klub-klub top Eropa.
Namun Widodo menilai Indonesia sudah memiliki dasar yang baik. Tapi, akan lebih baik lagi jika mereka mampu beradaptasi dengan gaya dan filosofi negara lain ketimbang menjiplak filosofi negara lain.

"Menurut saya, sah-sah saja (mencontoh gaya main negara lain). Tapi, kita juga harus melihat bagaimana potensi-potensi pemain kita. Kalau tidak bisa ya jangan dipaksakan," kata Widodo dalam Metro Sport Podcast di kanal YouTube Metro TV yang tayang pada Sabtu (21/5).

"Kita juga harus melihat kultur kita. Jangan 100 persen kultur kita dikikis habis, terus kita beralih (ke kultur lain). Itu belum tentu juga akan menghasilkan prestasi," jelasnya.

Widodo yang kini melatih Bhayangkara FC kini paham betul bahwa dirinya tak bisa memaksakan filosofi yang ia miliki jika tak memiliki pemain yang memadai. Karena itu, adaptasi jadi kunci.

"Saya tidak serta merta memaksa para pemain mengikuti cara main saya. Tapi saya akan menyesuaikan dengan pemain yang ada meski mereka memang harus mengikuti filosofi saya," pungkasnya.

(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id