comscore

Periskop Olahraga 2022: Balapan MotoGP Mandalika, Formula E hingga Piala Dunia 2022

Alfa Mandalika - 31 Desember 2021 13:25 WIB
Periskop Olahraga 2022: Balapan MotoGP Mandalika, Formula E hingga Piala Dunia 2022
Pertamina Mandalika International Circuit. (Foto: AFP/Bay Ismoyo)
TAHUN 2021 segera berakhir. Kini, kita akan memasuki 2022 beberapa jam lagi.

Pada 2022, Indonesia masih disibukkan dengan sejumlah ajang bergengsi di dunia olahraga. Salah satu yang paling menyita perhatian ialah perhelatan MotoGP Mandalika pada Maret, hingga Formula E yang akan digelar pada Juni mendatang.
Selain event-event bergengsi di atas, Indonesia juga akan mengikuti SEA Games yang seharusnya dimulai tahun lalu tapi karena Covid-19, perhelatan dua tahunan itu dilakukan pada tahun ini di Hanoi, Vietnam. Lalu ada Asian Games yang pada periode sebelumnya sukses dihelat di Jakarta dan Palembang.

Berikut ini adalah Periskop Olahraga 2022 yang sudah dirangkum Medcom.id:

Piala AFF

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada final leg kedua Piala AFF 2020. Mimpi Indonesia untuk merengkuh gelar juara untuk pertama kalinya dipastikan takkan mudah. Sebab, skuat asuhan Shin Tae-yong menyerah 4-0 pada leg kedua pada 29 Desember 2021. Kini, Asnawi Mangkualam dkk bakal melanjutkan perjuangannya pada 1 Januari 2022.

MotoGP Mandalika

Dorna Sports selaku operator ajang balap motor MotoGP telah merilis jadwal MotoGP 2022. Sirkuit Mandalika menjadi sirkuit yang ditambahkan Dorna, dari total 21 seri MotoGP 2022. Menurut jadwal sementara MotoGP 2022, Sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu akan kebagian menjadi tuan rumah pada 20 Maret 2022.

SEA Games Hanoi

Pesta olahraga Asia Tenggara sudah dipastikan diundur ke Mei 2022, atau tepatnya 12-23 Mei. Meski begitu, Menpora Zainduin Amali menegaskan pelatnas SEA Games tetap berjalan. Indonesia bakal mengirimkan 20 cabang olahraga seperti angkat besi, bulu tangkis, tenis, wushu, atletik, balap sepeda, voli pantai, dayung (kano dan rowing). Selain itu, ada juga karate, menembak, panahan, catur, senam artistik, judo, renang, sepak bola, taekwondo, pencak silat, boling, dan surfing.

Formula E

Ajang Formula E Jakarta sudah resmi memilih Ancol sebagai venue balapan pada 4 Juni 2022. Hal itu juga sudah dikonfirmasi oleh Ahmad Sahroni selaku Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix. Alasan dipilihnya Ancol lantaran lokasi tersebut sudah sesuai standar Formula E Operations dan Federasi Otomotif Internasional (FIA). Nantinya, lokasi sirkuit Formula E di Ancol akan diberi nama Jakarta International Eprix Circuit akan memiliki panjang lintasan 2,4 km dengan 18 tikungan. Jakarta International Eprix Circuit juga akan memiliki trek lurus sepanjang 600 meter dengan arah lintasan searah jarum jam.

Asian Games Hangzhou

Kota Hangzhou Tiongkok bakal menjadi tuan rumah Asian Games ke-19 pada 10-25 September 2022. Nantinya akan ada 34 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Tiongkok keluar sebagai juara umum dengan 289 medali (132 emas, 92 perak, 65 perunggu). Sedangkan Indonesia berada di urutan keempat. Total medali yang dihasilkan kontingen Merah Putih ialah 98 medali dengan rincian 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Piala Dunia Qatar 2022

Qatar akan menjadi tuan rumah turnamen sepak bola paling bergengsi sekolong langit yakni Piala Dunia. Sesuai jadwal yang dirilis, pertandingan akan dimulai pada 21 November - 18 Desember 2022. Terdapat delapan stadion di lima kota Qatar yang akan menjadi venue pertandingan. Selain tuan rumah, sudah ada 10 negara eropa yang sudah memastikan diri lolos yakni Serbia, Spanyol, Swiss, Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Kroasia, Inggris, dan Jerman. Lalu dari zona CONMEBOL ada Brasil dan Argentina.

(ASM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id