Tiga Pelatih dengan Catatan Apik di Piala Eropa

    rizkiyanuardi - 10 Juni 2021 06:47 WIB
    Tiga Pelatih dengan Catatan Apik di Piala Eropa
    Vicente Del Bosque-Foto: AFP/MARTIN BUREAU



    Gelaran EURO 2020 di sejumlah kota di Eropa tinggal hitungan hari saja. Tahukah kamu, dari 15 edisi gelaran Piala Eropa yang sudah dihelat banyak info menarik yang kamu harus ketahui. Kali ini Medcom.id akan merangkum tiga pelatih yang dinilai memiliki catatan apik di ajang Piala Eropa tersebut. Berikut nukilannya:

    Sejak dihelat kali pertama tahun 1960 di Uni Soviet, hingga gelaran tahun 2016 di Prancis, tercatat pelatih asal Spanyol Vicente Del Bosque dan Helmut Schön dari Jerman Barat, menjadi pelatih tersukses yang membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia dan Piala Eropa.

     



    Helmun Schon memulainya saat mengantar Jerman Barat juara Piala Eropa 1970. Empat tahun kemudian ia juga mengantarkan Jerman Barat juara Piala Dunia 1974. Bahkan Helmun Schon bisa menjadi yang tersukses jika saja Jerman Barat yang diantarnya ke final EURO 1976 Yugoslavia mampu menang di final. Mereka saat itu dikalahkan Cekoslowakia.

    Sementara Del Bosque menorehkan prestasi tersebut bersama Timnas Spanyol. Bedanya, Del Bosque lebih dulu merebut Piala Dunia pada tahun 2010. Baru kemudian membantu Spanyol meraih gelar Piala Eropa 2012. Hebatnya, Del Bosque sukses mempertahankan gelar Piala Eropa yang juga diraih tim Matador bersama Luis Arogones di tahun 2008.

    Catatan mentereng juga patut disematkan kepada pelatih Timnas Jerman Joachim Low, Sejak menukangi tim Panser Jerman tahun 2006, Low sukses mencatatkan penampilan dan kemenangan terbanyak di turnamen Piala Eropa. Low memimpin Timnas Jerman sebanyak 17 kali di tiga gelaran Piala Eropa 2008, 2012 dan 2016.

    Joachim Low yang mengantarkan Jerman juara di Piala Dunia 2014, juga sukses memimpin catatan kemenangan terbanyak di Piala Eropa. Dari tiga perhelatan yang dipimpinnya, Der Panzer sukses meraih 11 kemenangan dari 17 penampilannya. Catatan apik tersebut masih bisa ditingkatkan mengingat ia kembali memimpin Timnas Jerman di EURO 2020 kali ini.

    Video: Peselancar Indonesia Mendapat Tiket Tampil di Olimpiade Tokyo


    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id