Daripada TC Keluar Negeri, PSSI Sebaiknya Lakukan Ini untuk Timnas U-19

    Rendy Renuki H - 13 Januari 2021 21:42 WIB
    Daripada TC Keluar Negeri, PSSI Sebaiknya Lakukan Ini untuk Timnas U-19
    Timnas Indonesia U-19 (Dok. PSSI)
    Jakarta: Jadwal uji coba dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Spanyol berantakan. Skuat Garuda Muda tak bisa menggelar satu pun uji coba sesuai rencana awal.

    Padahal empat agenda uji coba disiapkan tim asuhan Shin Tae-yong selama di Spanyol. Namun pandemi Covid-19 yang meningkat di Eropa membuyarkan jadwal uji coba tersebut.

    Timnas U-19 akhirnya dipulangkan lebih awal oleh PSSI hari ini, Rabu 13 Januari 2021. Padahal rencananya David Maulana Cs diagendakan menggelar TC di Spanyol hingga 31 Januari 2021.

    Melihat situasi ini, pengamat sepak bola, M Kusnaeni, menyarankan PSSI segera memikirkan langkah selanjutnya. Merancang program kompetisi di kelompok usia tersebut dinilai lebih realistis, daripada TC keluar negeri di tengah situasi pandemi seperti ini.

    "Jadi memang ketika mereka berangkat ke sana menurut saya dari awal pertimbangannya tidak pas. Kalau tidak mau membuat anak-anak kecewa, lebih baik menyiapkan program kompetisi buat mereka. Itu justru lebih baik," kata Kusnaeni kepada Medcom.id

    "Karena mereka ke depan masih ada harapan main di SEA Games 2023. Jadi mending disiapkan anak-anak ini kompetisi dua tahun ke depan bagaimana, itu jauh lebih bermanfaat," sambung pria yang karib disapa Bung Kus.

    PSSI memang beralasan TC ke Spanyol tepta digelar agar para pemain tidak kecewa. Apalagi setelah Federasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan membatalkan Piala Dunia U-20 tahun ini, dan ditunda sampai 2023.

    "Saya sih malah bingung dengan argumen itu, kesannya kok bukan untuk para pejuang. Pemain sepak bola ini kan orang-orang yang sudah teruji mentalnya, sudah biasa menang-kalah, sudah biasa senang-kecewa," tuturnya. 

    "Jadi pas mereka tahu Piala Dunia U-20 batal, dan ke Spanyol batal pun saya yakin mereka enggak kecewa," pungkasnya.

    Selama di Spanyol, Timnas U-19 hanya bisa melakoni latihan dan dua kali game internal. Situasi yang sangat disayangkan Shin Tae-yong karena Garuda Muda tak bisa mendapatkan pengalaman tanding melawan tim Eropa.

    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id