Kembali dari Pensiun, Robben Gabung Klub Masa Mudanya

    Patrick Pinaria - 27 Juni 2020 23:15 WIB
    Kembali dari Pensiun, Robben Gabung Klub Masa Mudanya
    Arjen Robben (Foto: AFP/Christof Stache)
    Groningen: Arjen Robben memutuskan kembali terjun sebagai pesepak bola profesional. Winger asal Belanda tersebut memilih bergabung dengan klub masa mudanya, Groningen.

    Robben sejatinya sudah memutuskan pensiun pada Juli 2019. Tepatnya setelah kontraknya bersama Bayern Muenchen berakhir. 

    Namun, Robben tampaknya belum sepenuh hati melepas karier yang sudah dijalan selama 19 tahun itu. Ia bahkan sudah mengidikasikan untuk kembali bermain pada April.

    Hingga akhirnya, niat Robben kembali bermain menjadi kenyataan. Ia memutuskan kembali dan bergabung dengan klub masa mudanya, Groningen. Putusan kembali bermain itu pun diumumkan Robben melalui video. Video tersebut juga dipajang oleh operator Liga Belanda, Eredivisie lewat akun Twitter mereka.

    "Saya berusia 12 tahun ketika mengawali karier saya di akademi muda Groningen. Saya melakoni debut di kandang saat menghadapi Feyenoord saat masih berusia 16 tahun," ujar Robben.

    "Setelah dua tahun, saya pindah ke PSG. Setelah menjalani petualangan luar biasa selama 18 tahun, saya pun pulang! Kembali ke Groningen," tambahnya.

    "Saya akan pulang di tengah krisis yang sulit ini, yang juga berefek pada Groningen. Sangat menyenangkan melihat bagaimana semua orang mendukung klub. Saya juga mendukung klub dan itu membuat saya berpikir untuk bisa berkontribusi kembali untuk klub ini," tutur Robben.

    Robben berkarier sebagai pesepak bola profesional selama 19 musim (2000--2019). Setidaknya ada lima klub yang dibela winger asal Belanda tersebut sepanjang kariernya. Di antaranya adalah Groningen, PSV, Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Muenchen.
     
    Bersama Muenchen menjadi karier terpanjang dan tersukses bagi Robben. Total, ia membela The Bavarians selama sepuluh musim. Dalam periode itu, ia membuat 309 penampilan dan menyumbang 144 gol di seluruh kompetisi.
     
    Robben juga meraih banyak prestasi bersama Muenchen. Tercatat, ada 20 gelar yang berhasil dibawanya untuk Die Roten. (Goal)


    Video: PSSI Minta Shin Tae-yong Segera Kembali ke Indonesia

     



    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id