comscore

5 Pesepak Bola Hebat yang Tidak Pernah Dipanggil Timnas

Friko Simanjuntak - 06 Agustus 2022 11:10 WIB
5 Pesepak Bola Hebat yang Tidak Pernah Dipanggil Timnas
Steve Bruce. (Foto: AFP/Hector Retamal)
Jakarta: Bermain untuk tim nasional sepak bola negara merupakan impian bagi setiap pemain. Dengan bermain untuk negaranya, seorang pemain bisa dianggap layaknya pahlawan.

Jika bermain untuk timnas saja sudah menjadi suatu pencapaian besar buat seorang pemain, apalagi mereka berhasil memenangi sebuah turnamen internasional, sebut saja Piala Dunia atau Piala Eropa.
Maka dari itu, banyak pemain berjuang keras menunjukkan permainan terbaik di klub masing-masing, agar bisa mendapatkan panggilan untuk membela timnas.

Akan tetapi, tidak semua pemain berhasil mewujudkan mimpinya membela timnas. Bukan karena permainan mereka yang biasa-biasa saja. Tapi, banyak juga pemain hebat yang tidak pernah mendapatkan kesempatan membela timnas sepanjang kariernya.

Berikut, 5 pemain hebat yang tidak pernah membela Timnas:

5. Jimmy Case (Inggris)

Jimmy Case adalah bagian dari skuat Liverpool yang mendominasi kompetisi Inggris dan Eropa pada era 70-an. Menjadi bagian integral dari klub yang begitu dominan, ada peluang besar bahwa Case akan mendapatkan panggilan dari Timnas Inggris. Sayangnya, kesempatan itu tidak pernah datang pada sang gelandang.

Sepanjang kariernya, Case tidak pernah dilirik pelatih Timnas Inggris. Dari enam pelatih, mulai dari Alf Ramsey yang mengantar Inggris meraih satu-satunya trofi Piala Dunia pada 1966, hingga Terry Venables (1994-1996), Case tak kunjung mendapatkan kesempatan mengenakan jersey Timnas Inggris.

Nasib berbeda justru dialami tiga rekan Case di Liverpool kala itu, yakni Terry McDermott, Ian Callaghan, dan Alan Kennedy yang merupakan bagian dari skuat Tiga Singa. Hal ini kontan mengundang kritik dari pelatih Liverpool saat itu Bob Paisley.

"Itu (absennya Case) memaksa tiga (pemain Liverpool) lainnya melakukan pekerjaan yang tidak biasa mereka lakukan saat Case absen," seloroh Paisley kala itu.

Meski tidak pernah memperkuat Timnas Inggris, Case punya prestasi yang cukup mentereng. Sepanjang kariernya (1973-1996), Case memenangkan 4 gelar Liga Inggris, 3 Piala Eropa (Liga Champions) dan satu trofi UEFA Cup.

4. Dario Hubner (Italia)

Hubner memenuhi syarat untuk mewakili Italia dan Jerman, mengingat ayahnya adalah orang Jerman tetapi ia lahir dan besar di Italia. Pada akhirnya, Hubner lebih memilih sebagai warga negara Italia.

Di level klub, Hubner dikenal sebagai salah satu predator ulung dan salah satu yang terbaik di Italia pada masa itu. Sejak memulai karier profesionalnya pada 1987 hingga pensiun pada 2011, Hubner sudah mengoleksi 217 gol dalam 436 caps.

Berbagai penghargaan individu pun berhasil ditorehkannya. Ia berhasil menyabet trofi sepatu emas (topskorer) di tiga kasta Liga Italia yang dimainkannya. Ia bahkan masih bisa meraih sepatu emas di usia 35 tahun, sebuah rekor yang bertahan cukup lama sebelum dipecahkan Luca Toni.

Sayangnya, selama 24 tahun kariernya, Hubner tidak pernah merasakan kebanggaan mengenakan jersey Timnas Italia. Striker kurus yang namanya meroket bersama Brescia dan Piacenza ini tidak pernah sekalipun mendapatkan panggilan dari Timnas Italia.

Namanya selalu berada di daftar tunggu, kalah bersaing dengan pemain tulen Italia macam Filippo Inzaghi, Cristian Vieri, Francesco Totti dan Alessandro Del Piero.

Tidak diketahui apa yang menjadi dasar pertimbangan para pelatih Italia kala itu, tidak memanggil Hubner dalam skuatnya. Namun, yang mungkin bisa jadi rujukan adalah catatan buruk Hubner terkait perangainya di lapangan. Hubner memang dikenal pemain yang temperamental. Selama kariernya, ia telah 10 kali mendapatkan kartu merah.

Halaman Selanjutnya
  3. Paolo Di Canio…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id