comscore

Batal Tampil di Piala AFC, Pelatih Persipura Malah Bersyukur

Kautsar Halim - 07 Juli 2021 22:54 WIB
Batal Tampil di Piala AFC, Pelatih Persipura Malah Bersyukur
Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago (kedua kiri) (ANTARA News Papua/HO-Media Officer Persipura Jayapura)
Jakarta: Pelatih Persipura Jayapura Jacksen Ferreira Tiago 'bersyukur' timnya batal tampil di Piala AFC 2021. Sebab menurutnya, skuad Mutiara Hitam memang belum siap tampil di turnamen tersebut.

"Saya, dalam tanda petik, bersyukur kami tidak tampil di Piala AFC. Kami belum siap dan tidak memiliki skuad serta persiapan yang matang untuk dapat berprestasi di kompetisi AFC atau turnamen internasional lain," ujar Jacksen dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/7/2021).
Dengan minimnya persiapan dan materi pemain, berat bagi Persipura untuk bersaing dengan klub-klub berkualitas bagus dari kawasan Asia Tenggara. Jacksen yang berasal dari Brasil itu juga mengaku sudah membayangkan Persipura bakal kesulitan di Piala AFC 2021.

"Grup kami sangat berat. Itulah kenapa, kalau pun Persipura terlibat di Piala AFC, target saya hanya memberikan pengalaman bagi pemain muda agar lebih siap tampil di Liga 1," tutur Jacksen.

Pria berusia 53 tahun itu pun menggambarkan secara ringkas soal kondisi terkini Persipura. Sampai berita ini diturunkan, Mutiara Hitam baru diperkuat tiga pemain asing dari total empat slot yang diberikan.

Kemudian, Persipura pun baru-baru ini dihantam persoalan indisipliner pemain yang melibatkan Boaz Solossa, Yustinus Pae, dan pesepak bola belia Jose Maniagasi.

Akan tetapi, Jacksen tetap mengambil sisi positif dari absennya Persipura dari Piala AFC 2021.

"Kami jadi bisa menyusun rencana ke depan dengan lebih baik. Kebetulan Liga 1 juga ditunda. Kemungkinan besar kami akan meliburkan anak-anak dalam waktu dekat. Bisa saja selama tujuh atau 10 hari," kata Jacksen.

Dua klub Liga 1 Indonesia, Bali United dan Persipura dipastikan urung berlaga di Piala AFC 2021 setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) membatalkan pelaksanaan fase grup Zona ASEAN.

AFC meniadakan laga Zona ASEAN yang meliputi Grup G, H dan I dengan status keadaan kahar (force majeure) lantaran kesulitan mencari tuan rumah di tengah lonjakan kasus covid-19, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Di Piala AFC 2021, Bali United serta Persipura masing-masing menghuni Grup G dan H. Sebelumnya, mereka dijadwalkan berlaga pada rentang tanggal 29 Juni sampai 6 Juli 2021. (ANT)


(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id