Pesan Shin Tae-yong Usai Timnas U-19 Pulang dari Spanyol

    Alfa Mandalika - 13 Januari 2021 16:00 WIB
    Pesan Shin Tae-yong Usai Timnas U-19 Pulang dari Spanyol
    Shin Tae-yong saat pimpin TC Timnas U-19 di Spanyol. (Foto: dok. PSSI)
    Jakarta: Timnas U-19 dijadwalkan pulang ke Indonesia dari Spanyol pada Rabu 13 Januari 2021. Kepulangan ke Indonesia ini lebih cepat dari jadwal yang sudah disusun PSSI.

    Awalnya, timnas U-19 direncanakan menjalani pemusatan latihan (TC) di Spanyol hingga 31 Januari 2021. Namun, karena pandemi Covid-19 yang makin meninggi di Spanyol yang berimbas tidak dapat menggelar uji coba membuat skuat Garuda Nusantara harus pulang lebih cepat.

    Pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia setuju dengan keputusan ini. Apalagi sebelumnya ia melakukan koordinasi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dan melaporkan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

    "Tentu bila ada pertandingan uji coba pemain akan semakin berkembang. Kami tidak dapat menjalani uji coba karena kondisi Covid-19 di Spanyol yang tinggi dan berimbas tidak mendapatkan izin untuk uji coba," kata Shin Tae-yong.

    Meski begitu, Shin menyatakan bahwa selama menjalani TC di Spanyol para pemain menunjukkan perkembangan yang baik dan selalu bekerja keras.

    "Selama tiga pekan di Spanyol, kami hanya melakukan dua kali internal game. Kami harap pemain terus bersemangat, kerja keras serta selalu bermain maksimal. Mereka kariernya masih panjang dan menjadi generasi penerus timnas Indonesia U-23 maupun senior," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

    Shin Tae-yong juga berencana akan menggelar pemusatan latihan (TC) untuk timnas Indonesia pada bulan Februari mendatang.

    Sebelumnya, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa tujuan PSSI mengirimkan timnas U-19 ke Spanyol untuk menjaga mental skuat Garuda Nusantara. Ia menegaskan PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain-pemain ini akan menjadi pemain timnas U-23 atau timnas senior nantinya.

    "Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol. PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol," kata Yunus Nusi.

    Yunus juga mengapresiasi semangat dan perjuangan pemain selama menjalani TC di Spanyol. Tentu ini menjadi pengalaman yang luar bisa dan meningkatnya skill, fisik dan lain-lainnya bagi pemain selama di Spanyol.

    Selain Indonesia, Arab Saudi U-19 juga berada di hotel dan tempat latihan yang sama di Spanyol juga tidak dapat menjalani laga uji coba termasuk melawan timnas U-19.  
      

      
      


    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id