Leg Pertama: Garuda Muda Kalah Tipis dari Timnas Australia U-23

    rizkiyanuardi - 26 Oktober 2021 21:40 WIB
    Leg Pertama: Garuda Muda Kalah Tipis dari Timnas Australia U-23
    Timnas U-23 saat berlatih Foto Istimewa



    Dushanbe: Hujan gol mewarnai leg pertama kualifikasi Piala Asia U-23 Grup G antara Tim Nasional Indonesia U-23 versus Timnas Australia U-23, di Stadion Republican Central, Dushanbe, Tajikistan, Selasa malam 25 Oktober 2021 WIB.

    Sempat bermain imbang 0-0 di babak pertama, Timnas Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan Australia dengan skor akhir 2-3. Kedua tim kembali akan bersua tiga hari berselang, di mana Australia akan bertindak sebagai tuan rumah.

     



    Babak pertama, Garuda Muda sukses menahan serangan bertubi-tubi Timnas Australia U-23. Kemenangan menjadi wajib bagi kedua tim, karena pemenang dari dua leg nanti yang akan melaju ke putaran final Piala Asia U-23 di Uzbekistan tahun 2022.

    Australia yang mengandalkan skuat pemain dari U-20 langsung menggebrak pertahanan Indonesia U-23 yang dikapteni Asnawi Mangkualam. Indonesia mengandalkan trio Witan Sulaeman, Bagus Kahfi dan Hanis Saghara di lini depan.

    Di menit ke 3, Australia sudah mendapatkan penalti. Striker Patrick Wood yang menjadi eksekutor gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Kiper Ernando Ari berhasil membaca sepakannya. Skor tetap 0-0.

    Australia yang mengandalkan Lachlann Brool dan Patrock Wood di lini depan, sukses membongkar pertahanan Indonesia.  Namun, penyelesaian terburu-buru pemain Australia hanya menghasilkan nirgol di babak pertama.

    Babak kedua, Australia langsung menebar ancaman. Hasilnya pada menit ke52. Marc Tokich sukses memperdaya kiper Garuda Muda, Ernando Ari dengan sundulan. Menerima umpan silang dari tendangan bebas, Tokich langsung menanduk bola sambil menjatuhkan diri. Skor 0-1 untuk Australia.

    Tertinggal, skuat asuhan Shin Tae-yong belum bisa melepaskan diri dari tekanan tim tamu. Lagi-lagi, lewat passing cepat skuat Australia sukses menambah keunggulan di menit. Permainan satu dua sukses dikonversi Patrick Wood menjadi gol. Garuda Muda tertinggal dua gol.

    Perlahan tapi pasti, Garuda Muda mulai keluar menyerang. Tak lama, Witan Sulaeman yang menerima umpan Rumakiek sukses memperdaya kiper Australia Kai Calderbank. Sepakan keras kaki kiri dari luar kotak penalti sukses meluncur masuk tanpa bisa dicegah Kai. Skor menjadi 1-2 di menit 66..

    Asyik menyerang, Garuda Muda justru kembali kebobolan lewat pemain nomor 10, Jacob Italiano. Pemain berbahaya ini sukses melewati beberapa pemain Garuda Muda sebelum melepaskan sepakan keras kaki kanan. Bola mengarah ke sudut kiri atas gawang Ernando Ari. Skor menjauh 1-3 untuk Australia.

    Tak menyerah, skuat Garuda Muda patut diapresiasi. Striker Taufik Hidayat yang masuk menggantikan Bagus Kahfi sukses mencetak gol ke gawang Australia di menit 83. Berawal dari sepakan pemain Indonesia, bola justru jatuh ke kaki Taufik. Tidak offside, striker jangkung tersebut sukses mencetak gol dengan sepakan keras kaki kanan. Skor menjadi 2-3.

    Tensi pertandingan semakin tinggi. Sayang, waktu yang terbatas membuat Garuda Muda tak punya kesempatan untuk menyamakan gol penyeimbang. Hingga peluit panjang akhir pertandingan, skor tetap 2-3 untuk kemenangan Australia. Berat untuk Indonesia lolos. Namun, masih ada leg kedua, selang tiga hari kemudian.

    Kedua tim memang bermain dua leg karena Grup G hanya dihuni dua kesebelasan. Dua kesebelasan lainnya, yakni Timnas Tiongkok U-23 dan Brunei Darussalam U-23 mengundurkan diri. Pemenang dari dua leg di Gurp G adalah tim yang akan lolos ke putaran final Piala Asia di Uzbekistan, Juni 2022 mendatang.

    Susunan Pemain:
    Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari, Asnawi Mangkualam Bahar, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Kanu Helmiawan, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Bagus Kahfi, Hanis Saghara.

    Australia U-23: Kai Calderbank-Park, Lewis Miller, Jordan Bos, Callum Talbot, Jordan Courtney-Perkins, Marc Tokich, Jacob Italiano, Fabian Monge, Patrick Yazbek, Patrick Wood, Lachlan Brook.

    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id