Erling Haaland Dinobatkan sebagai Golden Boy 2020

    Kautsar Halim - 21 November 2020 21:35 WIB
    Erling Haaland Dinobatkan sebagai Golden Boy 2020
    Erling Haaland. (Ina Fassbender / AFP)
    Jakarta: Striker Borussia Dortmund Erling Haaland telah dinobatkan sebagai Golden Boy 2020. Penghargaan bergengsi itu diberikan atas penilaian jurnalis olahraga di semua benua dunia untuk pesepak bola U-21 terbaik Eropa.

    Haaland yang masih berusia 20 tahun makin menjadi sorotan setelah diboyong Borussia Dortmund dari Salzburg dengan banderol 20 juta euro pada Desember tahun lalu. Sebab, ketajamannya dalam mencetak gol masih terjaga hingga kini.

    Terhitung dari 21 laga Bundesliga yang sudah dimainkannya, Haaland mampu mengoleksi 19 gol. Kemudian, jumlah itu belum termasuk dengan gol yang dia cetak setiap mendapat kesempatan tampil di Liga Champions.

    Totalnya, Haaland sudah mengumpulkan 44 gol dari semua kompetisi musim lalu. Lalu, dia juga telah mencetak 11 gol dalam 11 pertandingan musim 2020--2021 belakangan ini. 

    Haaland juga menjalani debut yang tidak terlupakan bersama timnas Norwegia. Pasalnya, dia sukses mencetak hattrick ketika Norwegia menaklukkan Rumania 4-0 pada Oktober lalu. 

    Panel jurnalis menilai Haaland lebih baik ketimbang penyerang Barcelona Ansu Fati dan bek kiri Alphonso Davies yang juga masuk nominasi Golden Boy 2020. Kendati demikian, mereka berada di urutan kedua dan ketiga.

    Banyak performa menawan yang ditunjukkan Fati bersama Blaugrana, termasuk menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah klub ketika membobol gawang Osasuna pada usia 16 tahun 304 hari. Sayangnya, Fati mengalami cedera lutut cukup serius pada awal November ini sehingga diprediksi bakal absen selama empat bulan.

    Davies yang berposisi sebagai bek kiri masuk dalam penilaian karena kerap tampil menawan saat membantu Muenchen kembali menjuarai Liga Champions musim lalu. Pemain asal Kanada tersebut digadang-gadang sebagai bek sayap muda terbaik Eropa dan sempat menyumbang 4 assist dalam delapan pertandingannya di kompetisi tertinggi Eropa tersebut.

    Untuk melengkapi posisi lima besar penghargaan Golden Boy 2020 terdapat nama Jadon Sancho dari Borussia Dortmund dan gelandang Rennes Eduardo Camavinga. Sedangkan Phil Foden, Bukayo Saka, Mason Greenwood dan Callum Hudson-Odoi masuk di jajaran 20 besar. (lastwordonsports.com)

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id