comscore

Pelatih Thailand Sebut Skuad Garuda Punya Masa Depan Cerah

Kautsar Halim - 02 Januari 2022 16:10 WIB
Pelatih Thailand Sebut Skuad Garuda Punya Masa Depan Cerah
Alexandre Polking (kanan). (Roslan RAHMAN / AFP)
Jakarta: Pelatih timnas Thailand Alexandre Polking mengapresiasi performa Indonesia yang menjadi lawan anak-anak asuhnya di final Piala AFF 2020. Menurutnya meski Thailand menang, Indonesia memiliki masa depan cerah karena tampil dengan para pemain dengan usia rata-rata 23,8 tahun.

"Kita melihat bagaimana kerasnya Indonesia mencoba dan terus mencoba. Mereka menunjukkan keberanian dan selalu memelihara kepercayaan diri. Timnas Indonesia memiliki masa depan yang cerah. Jadi saya mau mengucapkan selamat juga untuk mereka," ujar Polking dalam konferensi pers virtual seusai leg 2 fase final, Sabtu (1/1/2022).
Seperti diketahui, Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2020 setelah menundukkan Indonesia pada fase final dengan skor agregat 6-2. Rinciannya adalah menang 4-0 pada leg pertama, dan bermain imbang 2-2 pada leg kedua. 

Permainan Thailand yang dominan tidak terlalu terlihat lagi pada leg 2 fase final karena Indonesia mulai berani menyerang dan bahkan unggul lebih dulu lewat gol Ricky Kambuaya pada menit ke-7. Kemudian, skuad Garuda juga bisa mempertahankan keunggulan 1-0 itu hingga turun minum.

Namun pada babak kedua, Thailand meningkatkan intensitas serangan dan mampu membalikkan keadaan dalam kurun waktu dua menit melalui gol yang dicetak Adisak Kraisorn (menit ke-54) dan Sarach Yooten (menit ke-56). Beruntung bagi Indonesia, Egy Maulana Vikri masih bisa mencetak gol tambahan pada menit ke-80 yang membuat kedudukan 2-2 hingga laga berakhir.

"Gol pertama untuk menyamakan kedudukan itu penting bagi kami. Saya selalu yakin pada kemampuan pemain saya. Mereka bisa bertahan dengan baik dan berhasil memenangkan turnamen dengan cara yang spesial," tutup Polking.

Hasil pertandingan membuat Thailand menjadi negara tersukses di Piala AFF dengan enam gelar juara. Sebelumnya, prestasi serupa mereka raih pada 1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016. Sementara itu, Indonesia menjadi negara yang paling sering menjadi runner-up, yakni pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020. (ANT)

(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id