comscore

Bantai Filipina Empat Gol, Indonesia Tempel Ketat Myanmar

rizkiyanuardi - 13 Mei 2022 17:55 WIB
Bantai Filipina Empat Gol, Indonesia Tempel Ketat Myanmar
Witan Sulaeman (tengah)-Foto Istimewa
Hanoi: Timnas Indonesia U-23 memetik kemenangan kedua di penyisihan Grup A SEA Games 2021 Vietnam, cabang sepak bola, usai mengalahkan Filipina U-23 empat gol tanpa balas di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat 13 Mei 2022 petang WIB.

Empat gol Timnas U-23 Indonesia dicetak Witan Sulaeman dan Rizky Ridho di babak pertama. Dua gol lagi dicetak Egy dan penalti Marcelino di babak kedua.
 
Skuat Garuda Muda memang membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya. Dari tiga laga, Timnas U-23 kini merangsek ke posisi kedua di bawah Myanmar dengan poin 6 dari tiga laga.
 
Sementara Timnas Filipina dipastikan tersingkir karena hanya mengumpulkan 4 poin dari empat laga yang dilakoni, hasil dua kali menang, dua kali kalah.
Myanmar masih menjadi pemuncak klasmen sementara Grup A dengan poin 6 dari dua laga. Myanmar menjadi lawan terakhir skuat Garuda Muda di penyisihan Grup A, Ahad 15 Mei 2022.

Sejak wasit asal Oman Mahmud Al Majarah meniup peluit tanda dimulainya laga, Filipina yang membutuhkan poin penuh tampil menekan.
 
Namun Indonesia justru mencetak gol lebih dulu pada menit 17. Pemain debutan Muhammad Ridwan berhasil mencatatkan namanya di papan skor lewat skema serangan balik cepat,

Egy sukses memberikan umpan ke mulut gawang Filipina, yang sukses dikonversi Muhammad Ridwan meski dijaga bek Filipina. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia U-23.
 
Menit 31, Witan nyaris mencetak gol keduanya, Menerima terobosan Ricky Kambuaya, pemain lincah tersebut sukses melewati kiper Filipina Kammeraad. Sayang sodorannya ke gawang kosong masih terlalu lemah.
 
Indonesia akhirnya mencetak gol kedua lewat set piece cantik Abimnayu yang disundul Rizky Ridho. Freekick diperoleh karena Egy dilanggar di sisi kiri pertahanan Filipina. Skor menjauh 0-2.
 
Hingga turun minum, skor 0-2 tidak berubah masih untuk keunggulan skuat Garuda Muda.

Babak kedua, sejumlah pergantian dilakukan Shin Tae Yong. Pencetak gol pertama Indonesia Muhammad Ridwan ditarik keluar, digantikan Irfan Jauhari. Sementara Syahrian Abimanyu digantikan Marceloni Ferdinan.

Menit 57, Bedic nyaris memperkecil kedudukan seandainya tendangannya tidak diselamatkan mistar gawang.

Perlahan tapi pasti, skuat Garuda Muda mulai lepas dari tekanan Filipina yang ngotot mencari gol balasan. Masuknya pemain berpengalaman Stephan Schrock membuat serangan anak asuh Norman Salo berbahaya di babak kedua.

Skuat Garuda Muda akhirnya mencetak gol ketiga lewat Egy Maulana Vikri pada menit 74. Berawal dari umpan Irfan Jauhari ke dalam kotak penalti, bola sukses dieksekusi Egy dengan kaki kiri menaklukkan Kammeraad. Skor menjadi 0-3.

Ronaldo Kwateh yang dimasukkan Shin Tae Yong dilanggar di kotak terlarang pada menit 83. Eksekusi penalti yang dilakukan Marcelino sukses menjebol gawang Filipina. Skor berubah lagi menjadi 0-4 untuk skuat Garuda Muda.

Kemenangan ini menjadi modal berharga skuat Timnas Indonesia U-23 untuk lolos. Dengan poin 6 dari 3 laga, Indonesia tinggal mencari satu kemenangan lagi dari Myanmar pada laga terakhir di Grup A, Ahad 15 Mei lusa.

Susunan pemain kedua kesebelasan:
Filipina: Kammeraad, Woods, Linares, Kekkonen, Chung, Bedic, Bias, Gallantes, Mendoza, Rosquillo, Rontini.

Indonesia: Ernando Ari, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Muhammad Ridwan.

(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id