13 Fakta Menarik Usai PSG Permak Barcelona: Mbappe Jadi Bintangnya!

    Patrick Pinaria - 17 Februari 2021 14:30 WIB
    13 Fakta Menarik Usai PSG Permak Barcelona: Mbappe Jadi Bintangnya!
    Kylian Mbappe (Foto: AFP/Lluis Gene)



    Jakarta: Paris Saint-Germain mengawali babak 16-besar Liga Champions 2020--2021 dengan hasil fantastis. Les Parisiens sukses menghajar Barcelona dengan skor 4-1 pada leg pertama, Rabu 17 Februari dini hari WIB.

    Kylian Mbappe menjadi bintang kemenangan untuk PSG pada laga tersebut. Sebab, bintang asal Prancis itu sukses mencetak hattrick ke gawang Barcelona.




    Terlepas dari itu, performa seluruh para pemain PSG tetap layak mendapat apresiasi. Mengingat, mereka tampil impresif sepanjang pertandingan.

    Menurut statistik Whoscored, PSG sukses menciptakan sembilan tembakan mengarah ke gawang dari 16 peluang. Sedangkan Barcelona hanya menciptakan empat tembakan mengarah ke gawang dari 12 peluang.

    Kemenangan atas Barcelona memperbesar kans PSG lolos ke babak perempat final. Sebab, mereka punya tugas yang lebih ringan ketimbang Barcelona untuk melangkah ke babak selanjutnya.

    Selanjutnya, PSG hanya butuh menargetkan hasil imbang pada leg kedua, Kamis 12 Maret. Bahkan, Les Rouge et Bleu tetap lolos andai kalah dengan skor 0-3 pada laga tersebut.

    Kemenangan ini juga memperbaiki rekor pertemuan PSG dengan Barcelona. Kini, mereka sudah tiga kali menang dari 10 pertandingan. 

    Masih ada fakta menarik lainnya terkait kemenangan PSG atas Barcelona. Berikut di antaranya yang sudah dirangkum medcom.id:

    1. Lionel Messi menjadi pemain paling akurat mencetak gol penalti di Liga Champions pada musim ini. Buktinya, ia tidak pernah gagal mencetak empat gol dari empat kesempatan eksekusi penalti.

    2. Messi selalu bisa mencetak 20 gol di seluruh kompetisi dalam 13 musim berturut-turut.

    3. Mbappe sudah membobol delapan tim besar di sepanjang kariernya. Hebatnya, kedelapan gol tersebut dicetak Mbappe di kandang delapan tim tersebut. Di antaranya adalah Signal Iduna Park (Borussia Dortmund), Allianz Arena (Bayern Muenchen), Stadion Allianz (Juventus), Etihad (Manchester City), Anfield (Liverpool), Old Trafford (Manchester United), Santiago Bernabeu (Real Madrid), dan Camp Nou (Barcelona).

    4. Mbappe sudah mencetak 20 gol di seluruh kompetisi. Menariknya, ia selalu sukses mencetak 20 gol di seluruh kompetisi dalam lima musim terakhir.

    5. Mbappe menjadi lawan pertama Barcelona yang sukses mencetak dua gol di Camp Nou di fase gugur Liga Champions.

    6. Mbappe sudah terlibat 40 gol sejak melakoni debut di Liga Champions pada 2016--2017. Rinciannya adalah 24 gol dan 16 assist.

    7. PSG menjadi tim pertama yang sukses mengalahkan Barcelona di Camp Nou dalam fase gugur Liga Champions sejak 2013. Terakhir kali, tim yang sukses menorehkan kemenangan di Camp Nou adalah Bayern Muenchen.

    8. Mbappe menjadi pemain ketiga yang mencetak hattrick melawan Barcelona dalam sepanjang sejarah Liga Champions.

    9. Penyerang asal Prancis itu juga menjadi pemain ketiga yang sukses mencetak hattrick ke gawang Barcelona di fase gugur.

    10. Kekalahan dari PSG di kandang merupakan kekalahan kandang kedua Barcelona secara beruntun di Liga Champions musim ini. Sebelumnya, Blaugrana kalah dari Juventus dengan skor 0-3 di kandang pada matchday terakhir penyisihan grup.

    11. Mauricio Pochettino sudah meraih kemenangan atas Barcelona sebanyak dua kali selama berkarier sebagai pelatih. Catatan kemenangannya atas Barcelona sebagai pelatih lebih banyak ketimbang saat ia menjadi pemain. Selama menjadi pemain, ia hanya mampu meraih kemenangan satu kali dari 13 pertandingan menghadapi Barcelona.

    12. Mbappe sudah terlibat dalam 230 gol untuk klub dan negara. Rinciannya adalah 154 gol dan 76 assist. Menariknya, ia sukses menorehkan catatan tersebut pada usia 22 tahun.

    13. Mbappe sudah melawan Messi sebanyak dua kali di level klub dan negara dalam fase gugur kompetisi, yakni Prancis vs Argentina (Piala Dunia) dan Barcelona vs PSG (Liga Champions). Hebatnya, Mbappe sukses memenangkan kedua pertemuan tersebut. Prancis menang atas Argentina dengan skor 4-3, sedangkan PSG menang atas Barcelona dengan skor 4-1.

    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id