comscore

Liga Champions: Kalah dari Chelsea, Madrid Lolos ke Semifinal Secara Dramatis

rizkiyanuardi - 13 April 2022 04:46 WIB
Liga Champions: Kalah dari Chelsea, Madrid Lolos ke Semifinal Secara Dramatis
Karim benzema-Foto AFP
Madrid: Laga sengit tersaji di leg kedua perempat final Liga Champions Eropa antara Real Madrid versus Chelsea di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu 13 April 2022 dini hari WIB. Hasilnya, Madrid harus mengakui keunggulan Chelsea dengan skor 2-3 lewat babak tambahan waktu. Dramatis, Los Blancos yang berhak lolos ke semifinal karena unggul agregat 5-4,

Madrid menjamu Chelsea berbekal keunggulan agregat 3-1. Sepanjang 90 menit, Chelsea sukses memenangkan laga dengan skor 1-3. Gol Chelsea dicetak Mason Mount menit 15, Rudiger menit 61 dan Werner menit 75. Gol balasan Madrid dicetak Rodrygo menit 80. Karena agregat menjadi 4-4, laga harus berlanjut ke babak tambahan waktu.
Pada babak tambahan waktu, tepatnya pada menit 96, Karim Benzema mencetak gol sundulan kepala setelah menerima umpan brilian Vinicius Junior. Skor akhir menjadi 2-3 untuk keunggulan Chelsea, namun Madrid lah yang berhak lolos ke semifinal karena unggul agregat menjadi 5-4.

Babak pertama pelatih Los Blancos Carlo Ancelotti mengandalkan trio Benzema, Velverde dan Vinicius di lini depan. Ditopang Kroos, Casemiro dan Modric di lini tengah. Di bawah mistar ada Courtois yang dikawal empat bek, Alaba, Nacho, Carvajal dan Mendy.

Sementara di skuat tim tamu, Thomas Tuchel banyak melakukan perubahan dengan mencadangkan Jorginho, Cesar Azpilicueta, Cristensen dan Pulisic. Sejak awal Tuchel memainkan Kovacic, Loftus Cheek, Werner dan Alonso.
 
Tuan rumah Madrid mendapat peluang lewat freekick pada menit 10. Berawal dari pelanggaran James terhadap Vinicius. Sayang freekick Benzema masih di atas mistar gawang Edouard Mendy.
 
Chelsea membalas lewat aksi Mount pada menit 12. Sayang upayanya di dalam kotak penalti hanya menghasilkan sepak pojok bagi The Blues.
 
High pressing yang ditampilkan The Blues membuahkan hasil pada menit 15. Mendapat umpan Werner di dalam kotak penalti, Mount sukses melepaskan tendangan keras kaki kanan melengkung menaklukkan Courtois. Skor 0-1 untuk tim tamu, agregat menjadi 3-2.
 
Menit 23, tendangan keras Benzema dari luar kotak penalti masih bisa dihalau Thiago Silva. Hanya menghasilkan sepak pojok untuk Madrid.
 
Hingga lebih separuh waktu babak pertama, penguasaan bola kedua tim relatif berimbang. Hanya saja Chelsea sebagai tim tamu yang mengejar defisit gol, lebih memiliki banyak kesempatan, 5 berbanding 2 milik Madrid.
 
Pada menit 34, bek Chelsea Rudiger melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang, bolanya masih menyamping tipis dari gawang Madrid.
 
Di sisa waktu babak pertama, kedua tim tak mampu mencetak gol. Hingga wasit Szymon Marciniak asal Polandia meniup peluit panjang, skor 0-1 untuk tim tamu bertahan hingga turun minum.
 
Babak kedua, Chelsea langsung menekan pertahanan Madrid karena membutuhkan gol penyama agregat. Menit 48, The Blues mendapat peluang lewat Mount. Berawal dari bola muntah sepakan Kai Havertz, namun kalah cepat dari Courtois.

Menit 50, Chelsea akhirnya mencetak gol keduanya. Berawal dari sepak pojok Havertz, bola disundul Rudiger yang memenangkan duel. Bola mengarah ke pojok kiri gawang Courtois. Skor 0-2 untuk Chelse. Agregat menjadi sama 3-3.

Madrid mendapat peluang lewat freekick di menit 54 gara-gara Casemiro dilanggar Kante. Sayang freekick Toni Kroos masih bisa diblok Mendy.

Menit 61, Velvarde mendapat kans untuk mencetak gol bagi Madrid. Sayang, sepakannya masih melambung di atas gawang Mendy.

Chelsea sempat mencetak gol ketiga lewat sepakan Marco Alonso pada menit 63. Sayang gol batal disahkan karena sebelum mencetak gol, dari tinjauan VAR, Alonso sudah handsball terlebih dulu saat tendangan pertamanya diblok Carvajal.

Menit 65, Benzema nyaris memperkecil kedudukan andaikan sundulannya tak membentur mistar gawang usai menerima umpan Vinicius dari sisi kanan pertahanan Chelsea. Di sisa waktu 25 menit, duel kedua tim semakin sengit.

Pemain Chelsea menimbulkan prahara di kubu tuan rumah. Timo Werner membayar kepercayaan Tuchel dengan mencetak gol pada menit 75. Tim tamu unggul 0-3, sekaligus berbalik unggul agregat menjadi 3-4.

Juara bertahan Chelsea nyaris memperlebar jarak menjadi 0-4. Sayang tandukan Havertz masih diblok Cortouis.

Sejumlah pemain dimasukkan Ancelotti untuk menambah daya gedor. Hasilnya, kerja sama Marcelo dan Modric pada menit 80, bisa dikonversi menjadi gol oleh Rodrigo. Skor menjadi 1-3, agregat kembali menjadi sama kuat 4-4.

Percobaan Modric pada menit 82 masih bisa diblok Mendy. Pun begitu dengan upaya Mount dan Pulisic di pengujung laga. Skor 1-3 tetap bertahan menjadi keunggulan Chelsea. Laga harus ditentukan lewat tambahan waktu karena agregat sama kuat 4-4.

Pada babak tambahan waktu, tuan rumah Madrid sukses mencetak gol menentukan lewat Karim Benzema pada menit 96. Benzema mencetak gol lewat sundulan menaklukkan Mendy setelah menerima umpan brilian Vinicius dari jarak dekat di dalam kotak penalti.

Pada babak kedua tambahan waktu, tak ada lagi gol diciptakan kedua tim, Sial bagi juara bertahan Chelsea. Meski unggul dengan skor 2-3, mereka harus merelakan tempatnya di semifinal untuk Real Madrid. Secara agregat Madrid unggul 5-4 atas Chelsea.

Susunan pemain kedua kesebelasan:
Real Madrid (4-3-3): 1-T. Courtois, 4-D. Alaba, 6-Nacho, 2-Carvajal, 23-F. Mendy, 10-L. Modric, 8-T. Kroos, 14-Casemiro, 15-F. Valverde, 9-K. Benzema, 20-Vinicius Junior. Pelatih: C. Ancelotti.
 
Chelsea (4-3-3): 16-E. Mendy, 6-Thiago Silva, 3-Marcos Alonso, 2-A. Rüdiger, 24-R. James, 8-M. Kovacic, 7-N. Kante, 12-R. Loftus-Cheek, 19-M. Mount, 29-K. Havertz, 11-T. Werner. Pelatih: T. Tuchel.

(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id