10 Fakta Menarik Jelang Porto vs Juventus

    Patrick Pinaria - 17 Februari 2021 18:25 WIB
    10 Fakta Menarik Jelang Porto vs Juventus
    Momen saat bintang Juventus Cristiano Ronaldo dan Leonardo Bonucci melakoni sesi latihan jelang menghadapi Porto (Foto: AFP/Marco Bertorello)



    Jakarta: Laga melawan Juventus pada leg pertama babak 16-besar Liga Champions 2020--2021, Kamis 17 Februari dini hari WIB, menjadi tantangan berat buat Porto. Bagaimana tidak. Tim raksasa Portugal tersebut kerap kesulitan tiap berjumpa dengan I Bianconeri di kompetisi tersebut.

    Juventus sejauh ini sudah empat kali berjumpa dengan Porto di Liga Champions. Dari seluruh pertemuan itu, Juventus berhasil meraih kemenangan sebanyak tiga kali dan satu kali imbang.




    Bahkan, dua kemenangan terakhir Juventus atas Porto terjadi pada empat tahun silam, yakni musim 2016--2017. Kebetulan, kedua tim juga bertemu di babak 16-besar Liga Champions.

    Menariknya, skenario pertandingan keduanya pun sama. Porto dijadwalkan sebagai tuan rumah pada leg pertama. 

    Laga pun berhasil diakhiri Juventus dengan kemenangan 2-0. Sedangkan leg kedua kembali dimenangi Juventus dengan skor 1-0 sekaligus memastikan mereka lolos ke perempat final dengan agregat 3-0.

    Selain fakta di atas, masih ada catatan menarik lainnya jelang Porto vs Juventus. Berikut di antaranya yang sudah dirangkum medcom.id:

    1. Pertemuan pertama Juventus dan Porto di Liga Champions terjadi pada musim 2001--2002. Pada periode tersebut, kedua tim bertemu di babak penyisihan grup. Hasil dari pertemuan kedua tim itu pun berakhir dengan satu kemenangan Juventus dan hasil imbang.

    2. Juventus pernah bertemu dengan Porto di final Piala Winner 1984. Saat itu, Bianconeri menang dengan skor 2-1.

    3. Porto belum kebobolan dalam lima pertandingan terakhir atau selama 467 menit di Liga Champions.

    4. Perjalanan Porto di babak 16-besar di Liga Champions tidak terlalu oke. Dari 11 kali tanding di babak itu, mereka hanya menang empat kali dan tujuh kali kalah.

    5. Porto hanya meraih dua kemenangan dari enam pertandingan terakhir di babak 16-besar Liga Champions. Kemenangan terakhir mereka terjadi saat menjamu Roma di babak 16-besar pada musim 2018--2019. Saat itu, mereka menang dengan skor 3-1.

    6. Kemenangan di kandang melawan Roma menjadi kemenangan keenam Porto di kandang sendiri dalam 11 pertandingan terakhir di babak 16-besar.

    7. Juventus sudah 12 kali tampil di babak 16-besar Liga Champions. Rekornya adalah tujuh kemenangan dan empat kekalahan.

    8. Juventus terakhir kali bermain di kandang tim Portugal pada babak penyisihan grup Liga Champions musim 2017--2018. Saat itu, mereka menghadapi Porto dan harus puas bermain imbang dengan skor 1-1.

    9. Catatan Juventus melawan tim Portugal cukup bagus. Total, mereka berhasil meraih delapan kemenangan, tiga kali imbang, dan empat kali kalah.

    10. Sayangnya, catatan Juventus di kandang tim Portugal tidak terlalu bagus. Mereka hanya meraih dua kemenangan, dua kali imbang, dan tiga kali kalah.

    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id