comscore

Klopp dan Mane Ciptakan Rekor, Ini 8 Fakta Liverpool Melaju ke Final Liga Champions 2021/2022

Patrick Pinaria - 04 Mei 2022 16:20 WIB
Klopp dan Mane Ciptakan Rekor, Ini 8 Fakta Liverpool Melaju ke Final Liga Champions 2021/2022
Bek Liverpool Virgil van Dijk merayakan keberhasilan lolos ke final Liga Champions 2021/2022 (Foto: AFP/Paul Ellis)
Jakarta: Liverpool melaju ke final Liga Champions 2021/2022. Kepastian itu didapat The Reds usai meraih kemenangan atas Villarreal dengan skor 3-2 pada leg kedua semifinal, Rabu, 4 Mei 2022.

Berkat kemenangan itu, Liverpool lolos dengan mengantongi agregat 5-2. Sebelumnya, tim asuhan Juergen Klopp tersebut meraih kemenangan dengan skor 2-0 pada leg pertama, 28 April 2022.
Keberhasilan lolos ke final musim ini merupakan yang kesepuluh bagi Liverpool dalam sejarah Liga Champions. Dari sembilan final sebelumnya, The Reds berhasil memenangi enam trofi.

Baca: Liverpool Segel Tiket Final Liga Champions 

Masih ada beragam fakta menarik lainnya mengenai keberhasilan Liverpool ke final Liga Champions musim ini. Berikut ini di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:

1. Kebobolan tercepat Liverpool di Liga Champions

Liverpool kebobolan terlebih dulu ketika laga baru berjalan 2 menit 51 detik. Ini menjadi catatan kebobolan tercepat yang dialami Liverpool di Liga Champions dalam empat musim terakhir.

2. Gol perdana Francis Coquelin

Gol yang dicetak Villarreal pada menit ke-41 merupakan gol pertama gelandang Francis Coquelin di Liga Champions. Ia butuh 39 penampilan untuk bisa mencetak gol pertamanya di kompetisi tersebut.

3. Rekor assist Alexander-Arnold

Satu assist yang diciptakan pada laga ini menjadi assist ke-18 bek Liverpool Trent Alexander-Arnold di seluruh kompetisi musim ini. Torehan assist pemain asal Inggris tersebut merupakan yang terbanyak ketiga di antara pemain-pemain di lima liga top Eropa.

4. Liverpool ciptakan rekor gol terbanyak dalam sejarah

Liverpool mengoleksi 139 gol dari 57 pertandingan di seluruh kompetisi pada musim ini. Jumlah gol tersebut terbanyak yang diciptakan mereka dalam sejarah sepak bola.

5. Final kesepuluh Liverpool di Liga Champions

Final Liga Champions menjadi final ketiga yang akan dimainkan Liverpool pada musim ini. Selain Liga Champions, The Reds dijadwalkan akan memainkan final di dua turnamen, yakni Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Sebuah pencapaian hebat bagi Liverpool. Sebab, belum ada tim-tim Inggris lainnya yang memainkan final di tiga kompetisi berbeda dalam semusim.

6. Klopp samai rekor Lippi, Ferguson, dan Ancelotti

Juergen Klopp mencapai final keempat di Liga Champions dalam kariernya. Ia sukses menyamai rekor senior-seniornya seperti Marcello Lippi, Sir Alex Ferguson, dan Carlo Ancelotti.

7. Liverpool masuk jajaran elite di Liga Champions

Liverpool menjadi tim keempat yang bermain di final Liga Champions sebanyak sepuluh kali. Sebelumnya, rekor tersebut dibuat Real Madrid (16), AC Milan (11), dan Bayern Muenchen (11).

8. Mane pecahkan rekor Drogba

Penyerang Liverpool Sadio Mane sukses memecahkan rekor di Liga Champions berkat satu gol yang dicetaknya ke gawang Villarreal pada laga ini. Berkat golnya, ia menjadi pemain asal Afrika yang mencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Pemain asal Senegal itu sukses melewati rekor legenda Chelsea dan Pantai Gading, Didier Drogba.

(PAT)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id