comscore

Pembalap Jepang Bakal Ramaikan Persaingan F1GP 2021

Kautsar Halim - 16 Desember 2020 23:10 WIB
Pembalap Jepang Bakal Ramaikan Persaingan F1GP 2021
Yuki Tsunoda. (HAMAD I MOHAMMED / POOL / AFP)
Jakarta: Pembalap Jepang Yuki Tsunoda akan menjalani debut di ajang Formula 1 bersama tim AlphaTauri pada musim depan. Itu terjadi setelah Red Bull mempromosikannya sebagai pengganti Daniil Kvyat.

Kabar itu sekaligus membenarkan spekulasi yang menyebut bahwa Tsunoda yang berusia 20 tahun akan menjadi tandem Pierre Gasly setelah tampil impresif dan finis ketiga di ajang Formula 2 tahun ini.
Finis peringkat tiga di F2 sudah cukup bagi Tsunoda untuk mendapatkan lisensi super berkompetisi di Formula 1. Dengan begitu, Red Bull bisa memberi lampu hijau untuk memberinya tempat di AlphaTauri.

Tsunoda akan menjadi pembalap Jepang pertama yang berkomptisi di ajang F1 setelah Kamui Kobayashi yang tergabung dengan tim Caterham pada 2014 silam.

"Seperti pembalap kebanyakan, balapan di Formula 1 selalu menjadi tujuan saya. Jadi saya sangat senang dengan berita ini," kata Tsunoda seperti dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu (16/12/2020).

"Saya ingin berterima kasih kepada Scuderia AlphaTauri, Red Bull dan Dr. (Helmut) Marko karena memberikan saya kesempatan ini. Kemudian, tentunya untuk semua orang di Honda yang memberi saya kesempatan luar biasa untuk berkarier di Eropa," tambahnya.

Tsunoda yang biasa berkompetisi di Jepang, sudah balapan di Eropa sejak dua tahun lalu. Progresnya cukup cepat ketika menjadi pembalap formula junior karena dia mampu memenangi titel Kejuaraan F4 di Jepang pada 2018.

Satu tahun berikutnya, dia finis peringkat sembilan sebagai rookie di F3 dengan meraih satu kemenangan dan dua finis podium. Setelah itu, dia malah memborong tujuh podium di F2 yang dua di antaranya sebagai pemenang.

"Red Bull telah mengikuti karier Yuki untuk beberapa waktu dan saya yakin dia akan menjadi aset yang luar biasa bagi tim kami," kata kepala tim AlphaTauri Franz Tost.

"Melihat dia di Formula 2 tahun ini, dia telah memperlihatkan campuran yang tepat dari agresi membalap dan pemahaman teknis yang baik. Pada tes Abu Dhabi pekan ini, dia terbukti mampu belajar dengan cepat dan siap naik ke Formula 1," tambahnya.

(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id