Resmi, Fernando Alonso Kembali ke F1 bersama Renault

    Kautsar Halim - 08 Juli 2020 20:08 WIB
    Resmi, Fernando Alonso Kembali ke F1 bersama Renault
    Fernando Alonso. (Foto: AFP/Franck Fife)
    Jakarta: Juara dunia dua kali Fernando Alonso akan kembali ke Formula 1 bersama tim Renault pada musim depan (2021). Kesepakatan itu terjalin setelah Alonso meninggalkan ajang F1 selama dua tahun. 

    Kepastian kembalinya Alonso diumumkan langsung oleh tim Renault pada Rabu 8 Juli. Pembalap asal Spanyol itu punya prestasi mentereng ketika mempersembahkan gelar untuk Renault pada 2005 dan 2006 silam.

    Dengan adanya kabar ini, artinya Alonso akan menjadi rekan pembalap asal Prancis Esteban Ocon yang baru berusia 23 tahun. Alonso masuk untuk menggantikan Daniel Ricciardo yang pindah ke McLaren akhir musim ini.

    "Renault adalah keluargaku dan kenangan terindahku di Formula 1 dengan dua gelar juara dunia," kata Alonso seperti dikutip Reuters.

    "Ini adalah sumber kebanggaan. Saya merasa luar biasa karena kembali ke tim yang memberi peluang pada awal karier dan sekarang menyediakan kesempatan untuk kembali ke tingkat tertinggi," tambahnya.

    Alonso yang tahun depan berusia 39 tahun juga sempat pernah bergabung dengan Renault pada 2008 dan 2009. Renault tidak menyebut berapa lama durasi kontrak Alonso, namun diyakini bakal berjalan dua musim.

    Selain dua gelar juara dunia, Alonso juga berprestasi memenangkan 32 ajang Grand Prix selama berkarier di F1.
    Dia melewatkan tiga gelar pada 2007, 2010 dan 2012 karena kalah bersaing dengan Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel.

    "Saya punya prinsip dan ambisi yang sejalan dengan proyek tim," kata Alonso tentang Renault yang finis peringkat lima konstruktor musim lalu itu.

    "Progres mereka musim dingin ini memberi kredibilitas dan tujuan untuk musim 2022. Saya akan membagi semua pengalaman kepada setiap orang mulai dari engineer, mekanik dan rekan-rekan setim," tambahnya menutup.

    Resminya Alonso ke Renault membuat satu pintu tertutup bagi juara dunia empat kali, Sebastian Vettel. Kelanjutan kariernya masih belum jelas setelah Ferrari tak memperpanjang kontraknya pada musim depan. (ANT)




    (KAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id